HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN MINAT MENULIS DENGAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI SISWA KELAS VIII SMP GBKP KABANJAHE
Main Article Content
Abstract
Masalah yang dikaji dalam riset ini merupakan korelasi antara kemahiran dalam kosakata juga penguasaan kalimat efektif melalui kapasitas menulis surat formal. Riset tersebut termotivasi berpijak pada situasi aktual bahwa kecakapan menulis surat yang efektif dan hubungan antara penguasaan kosakata perlu menggambarkan hubungan di sela kontrol terhadap vocabulari juga penguasaan konstruksi ayat efektif juga kompetensi menoreh surat formal pada siswa kelas VIII SMP GBKP Kabanjahe. Untuk mencapai sasaran kajian tersebut, peneliti menggunakan metode korelasi, yang berarti bahwa fakta yang dikumpulkan setelah semua kejadian berlangsung. Teknik untuk mengumpulkan data adalah uji analitis kondisional, analisis statistik, dan uji hipotesis penelitian. Penelitian menunjukkan outcome riset seperti: (1) Terdapat relasi afirmatif dan esensial di sela kecakapan memahami vocabulari juga kecakapan penulisan surat resmi, koefisien korelasi ry1 = 0,782 dan persamaan regresi Ỹ = 45,097 + 0,389X1; (2) Ada relasi yang positif dan signifikan relasi antara kemahiran ayat yang efektif dengan kapabilitas menoreh surat dinas, besaran koefisien ry2 = 0,775 dan persamaan regresi Ỹ = 49,583 + 0,347X2; juga (3) Ada relasi antara penguasaan vocabulari juga penguasaan kalimat efektif dengan koefisien korelasi ry1,2 = 0,786 dan persamaan regresi Ỹ = 18,831 + 0,391 X1 + 0,349 X2. Berdasarkan data riset ini, dapat dikonklusikan bahwa penguasaan perbendaharaan kata dan penguasaan kalimat efektif adalah dua faktor utama yang mempengaruhi kemampuan menoreh surat resmi.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.