UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING SISWA SMA SWASTA GBKP KABANJAHE
Main Article Content
Abstract
Bahasa adalah cara orang berkomunikasi dan terhubung dalam kehidupan sehari- hari dan di berbagai bidang seperti sekolah, pekerjaan, perjalanan, dan agama. Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek mereka dengan menggunakan Project Based Learning. Penelitian berlangsung selama dua periode, dari 15 Januari 2023 hingga 30 Januari 2023. Penelitian ini mencakup hasil tes dan pengamatan lainnya dari kedua periode tersebut. Hasil tes dari Siklus I dan II adalah skor tes deskriptif, sedangkan hasil non-tes adalah data observasi tentang aktivitas siswa, kinerja guru, refleksi, dan revisi. Penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa penggunaan metode Project Based Learning membantu siswa terlibat dalam pemecahan masalah melalui kegiatan proyek di kelas, yang meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek mereka. Studi ini juga menunjukkan bahwa siswa memperoleh skor rata-rata 60 pada bagian pertama. Skor rata-rata meningkat menjadi 82,10 pada bagian kedua. Sebagai kesimpulan, Project Based Learning membantu siswa berpartisipasi dalam pemecahan masalah selama kegiatan proyek di kelas, sehingga penelitian ini berhasil.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.