PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONER) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara dua model pembelajaran yaitu STAD (Student Teams Achievement Divisioner) dan Make a Match dalam pembelajaran ekonomi dengan melihat hasil yang didapat dari beberapa karya ilmiah. Dikarenakan kondisi yang terjadi saat ini, yaitu adanya Virus Covid-19 maka penelitian ini dilaksanakan di perpustakaan Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah sesuai dengan surat edaran Rektor Nomor: 040/BAA-UMNAW/A.16/2020 yaitu melakukan kajian pustaka.Penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan hasil belajar yang didapat dari penggunaan kedua model tersebut. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan masing-masing 3 hasil penelitian yang telah ada terdahulu dengan jumlah keseluruhan 207 orang.Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis, data hasil uji rata-rata kelas yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division lebih tinggi yaitu 77,6 dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran Make A Match lebih rendah yaitu 70,41. Dengan demikian perbedaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan model Make A Match diperoleh nilai 1,1. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division lebih tinggi daripada model Make A Match, sehingga model pembelajaran Student Teams Achievement Division lebih maksimal digunakan pada proses pembelajaran.