PENGGUNAAN METODE SQ3R TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA

Isi Artikel Utama

Rixaza Rixa Rixala Harahap, Rijal Lubis

Abstrak

Metode pembelajaran ialah cara yang digunakan guna mengimplementasikan suatu rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis guna mencapai misi pembelajaran, yakni suatu cara yang dipilih oleh pendidik bisa dapat mengoptimalkan proses belajar mengajar yang bertujuan agar tujuan pembelajaran dapat diharapkan.  Metode  pembelajaran  kooperatif  tipe  SQ3R  adalah metode pembelajaran yang menggunakan strategi membaca dengan menugaskan siswa untuk membaca bahan belajar secara seksama. Hal ini memberi inspirasi kepada penulis untuk menerapkan metode pembelajaran SQ3R sehingga siswa dituntut berperan aktif, dengan begitu siswa akan lebih mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah hasil belajar siswa yang belajar menggunakan Metode SQ3R lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan Metode Konvensional. Hasil analisis data dalam penelitian ini diperoleh t hitung 28,2466 dan t tabel 2,0042 sehingga t hitung> t tabel (28,2466 >2,0042) , hal ini menunjukan bahwa hipotesis yang sudah penulis tentukan didalam penelitian ini dapat diterima. Artinya, hasil belajar siswa yang belajar menggunakan metode SQ3R lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Sejalan dengan kesimpulan tersebut peneliti menyarankan kepada para guru akuntansi agar menerapkan metode pembelajaran SQ3R dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran akuntansi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles