MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI

Isi Artikel Utama

Rijal Lubis, Khairunnisa

Abstrak

Model pembelajaran mengacu pada pendekatan yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pembelajaran, tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Model Pembelajaran Direct Instruction adalah model pembelajaran langsung yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan procedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang betahap, selangkah demi selangkah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah hasil belajar siswa yang belajar menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan Model Konvensional. Hasil analisis data dalam penelitian ini diperoleh t hitung 40,2291 dan t tabel 2,0042 sehingga t hitung> t tabel (40,2291 >2,0042) , hal ini menunjukan bahwa hipotesis yang sudah penulis tentukan didalam penelitian ini dapat diterima. Artinya, hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model Direct Instruction lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Sejalan dengan kesimpulan tersebut peneliti menyarankan kepada para guru akuntansi agar menerapkan model pembelajaran Direct Instruction dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran akuntansi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles