PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA PERALATAN KANTOR DAN MEDIA GAMBAR

Isi Artikel Utama

Devita Mandasari, Rijal Lubis2

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang hubungan penerapan media internet terhadap peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas XI SMK Al-Washliyah 12 Sei Rempah. Jumlah populasi dalam penelitian ini kurang dari 100, sehingga seluruh populasi digunakan sebagai sampel, yaitu dengan jumlah 50 orang siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment dan uji t yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa kontribusi penerapan media internet (X) terhadap peningkatan hasil belajar IPS (Y) sebesar 0,515 atau 51,5%. Jadi dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa kontribusi penerapan media internet (X) terhadap peningkatan hasil belajar IPS (Y) yaitu sebesar 51,5%. sedangkan 48,5% lagi dipengaruhi oleh variabel lain. Uji hipotesis menunjukkan bahwa besarnya thitung adalah 4,163, sedangkan besarnya ttabel dengan taraf  kepercayaan 95% (taraf a = 0,05) dan dk 50 – 2 = 39 adalah 2,012. Oleh karena t hitung> t tabel atau 4,163>2,012. Dari hasil penelitian tersebut, maka rumusan hipotesis yang telah ditetapkan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, yang berarti: “Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan internet terhadap hasil belajar IPS siswa kelas XI SMK Al Washliyah 12 Sei Rempah Tahun Ajaran 2018-2019”.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles