PERBEDAAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL JIGSAW

Isi Artikel Utama

Windayani, Herdi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar akuntansi dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran Jigsaw pada kelas X SMK Negeri 1 Patumbak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMK Negeri 1 Patumbak. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akl yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah keseluruhannya adalah 108 siswa. Dari populasi tersebut yang dijadikan sampel adalah kelas X Akl-2 36 siswa sebagai kelas yang menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dan kelas X Akl-3 36 siswa sebagai kelas yang menggunakan model Jigsaw. Dan menggunakan jenis sampel random sampling. Instrument data yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  kelas Numbered Head Together (NHT) nilai rata-ratanya sebesar 77,96 dengan simpangan baku 8,118 dan kelas Jigsaw nilai rata-ratanya sebesar 55,93 dengan simpangan baku 12,01 sedangkan simpangan gabungan adalah 10,25. Dan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh hasil t hitung = 8,597 dan t tabel = 1,999 didapat dari daftar distribusi t, dengan t hitung > t tabel maka HO ditolak, sehingga hipotesis alternatif Ha diterima yang artinya bahwa ada perbedaan hasil belajar akuntansi dasar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model  Jigsaw dikelas X Akl-2 dan X Akl-3 SMK Negeri 1 Patumbak T.A. 2021/2022.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles