MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan strategi problem solving. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), PTK ini dilakuan dua siklus. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan model pembelajaran Problem solving (Pemecahan masalah) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 4 Tanjungbalai’’. Tujuan penelitian ini adalah : “Untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Problem solving (Pemecahan masalah)X SMK Negeri 4 Tanjungbalai pada materi Upaya Pemberantasan Korupsi di Indonesia”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 4 Tanjungbalai yang berjumlah 40 orang sedangkan objek dalam PTK ini adalah model pembelajaran Problem solving(Pemecahan masalah). Metode pengumpulan data penelitian meliputi: observasi, tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi problem solving dalam pembelajaran PKn telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 4 Tanjungbalai. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dicapai melalui dua siklus. Hasil tersebut ditunjukkan dari adanya peningkatan hasil belajar PKn siswa dari setiap siklus. Berdasarkan hasil tes dalam pelaksanaan pembelajaran dengan strategi problem solving diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 70 yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 77,12,demikian juga dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 72,5% tergolong belum tuntas dan pada siklus II sebesar 87,5% tergolong tuntas. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem solving(Pemecahan masalah) dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa di kelas X SMK Negeri 4 Tanjungbalai, dengan kata lain hipotesis yang diajaukan sebelumnya dapat diterima kebenarannya.