MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP (KERJA SAMA) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Budisatrya Medan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op terhadap hasil belajar Pkn siswa pada materi konstitusi . jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan. Sampel dalam penelitian diambil dari populasi terjangkau. Berdasarkan karakteristik yang telah dijelaskan maka pemilihan, mengambil dua kelas secara sengaja yang memiliki karakteristik yang sama. Satu kelas akan menjadi kelas eksperimen sebanyak 25 kelas X IPS 1 dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe co- op co-op ( kerja sama) dan satu kelas lagi menjadi kelas kontrol sebanyak 22 orang yang berasal dari kelas X IPS 2 dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa data pre-tes siswa di kelas kontrol yang ditunjukkan pada tabel dan gambar masih tergolong rendah. Dari 25 orang siswa untuk kelas eksperimen dan 22 orang siswa untuk kelas kontrol Sesuai dengan aturan pengujian uji t maka dapat dirumuskan sebagai berikut Ha ditolak jika dan Ha diterima jika . Berdasarkan analisis perbedaan rata-rata hitung untuk kemampuan hasil belajar siswa = sedangkan untuk taraf signifikan dan derajat kebebasan nilai 45 adalah 1.708 berarti , maka nilai hipotesis nol (H0) dan Hipotesis alternative (Ha) diterima. “ Ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op ( kerja sama) terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan.