MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CART MATCH MELALUI WORKSHOP

Main Article Content

Surung Sigiro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menerapkan Model Pembelajaran Index Cart Match melalui workshop  di SDN 101832 Pancur Batu  Kab. Deli Serdang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah melalui 2 siklus, dimana masing-masing siklus memiliki tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan dan Pengamatan, (3) Evaluasi dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru guru yang mengajar di  SDN 101832 Pancur Batu  dengan jumlah 11 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan perhitungan persentase jumlah guru yang sudah mampu menerapkan Model Pembelajaran Index Cart Match dan persentase jumlah guru yang belum mampu menerapkan Model Pembelajaran Index Cart Match di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Terdapat peningkatan jumlah guru yang menerapkan Model Pembelajaran Index Cart Match dari 11 orang guru, baru 21 (70,0%) guru menerapkan Model Pembelajaran Index Cart Match pada siklus I kemudian meningkat pada siklus II menjadi 27 (90,0%) guru yang sudah mampu menerapkan Model Pembelajaran Index Cart Match pada proses pembelajaran di dalam kelas; (2) Terdapat penurunan  jumlah  guru yang tidak mampu menerapkan Model Pembelajaran Index Cart Match, dari 11 orang guru, sebanyak  9 (30,0%) guru belum mampu menerapkan Model Pembelajaran Index Cart Match pada siklus I kemudian pada siklus II terjadi penurunan jumlah guru yang belum mampu menerapkan Model Pembelajaran Index Cart Match, menjadi 3 (10,0%) guru yang belum mampu menerapkan Model Pembelajaran Index Cart Match secara utuh; (3) Kompetensi profesional guru dalam menerapkan Model Pembelajaran Index Cart Match dapat meningkat melalui workshop.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles