UPAYA MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diadakannya upaya peningkatan interaksi social melalui layanan konseling bagi siswa kelas XI MIA-1. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang . Penelitian tindakan kelas ini mulai dilakukan selama 2 bulan yaitu dimulai dari bulan Februari dan Maret, pada hari efektif kegiatan belajar mengajar. Subyek dalam PTK BK ini adalah siswa SMA pada kelas XI MIA-1. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara terhadap guru BK di SMA Negeri 1 Labuhan Deli, dan analisis data dengan analisis deskriptif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri pra siklus dan 2 (dua) silkus. Hasil penelitian: Pada pra siklus pada bulan Januari, hasil dari wawancara dan observasi peneliti, terdapat 10 siswa yang kurang berinteraksi sosial di kelas XI MIA-1. Siklus I pada bulan Februari, sudah terjadi perubahan di mana 5 siswa berkategori sedang dan 5 siswa lagi berkategori tinggi. Selanjutnya pada siklus II sudah meningkat, hanya 2 siswa yang berkategori sedang dan 8 orang siswa lainnya berkategori tinggi. Hal ini menunjukkan keberhasilan tindakan kelas