MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA INDONESIA DALAM MENYUSUN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL KURIKULUM 2013 MELALUI WORKSHOP
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru Bahasa Indonesia dalam menyusun kriteria ketuntasan minimal melalui workshop SD IT Al Bayan Saintist, Al-Mukmin Bandar Khalipah dan Maitreyawira Sampali pada tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah melalui 2 siklus, dimana masing-masing siklus memiliki tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan dan Pengamatan, (3) Evaluasi dan (4) Refleksi.Subyek dalam penelitian ini adalah berjumlah 30 orang guru yang mengajar di SD IT Al Bayan Saintist, Al-Mukmin Bandar Khalipah dan Maitreyawira Sampali .Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, kesioner,wawancara dan studi dokumentasi.Teknik analisa data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pehitungan persen jumlah guru Bahasa Indonesia yang sudah mampu menyusun KKM Kurikulum 2013 dan yang belum mampu menyusun KKM Kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Terdapat peningkatan jumlah guru yang mampu menyusun Kriteria Ketuntasan Minimal dari 30 orang guru Bahasa Indonesia, baru 20. (66,67%) guru Bahasa Indonesia yang mampu menyusun KKM Kurikulum 2013 pada siklus I kemudian meningkat pada siklus II menjadi 26 (86,67%) guru Bahasa Indonesia yang sudah mampu menyusun KKM Kurikulum 2013; (2) Terdapat penurunan jumlah guru Bahasa Indonesia yang tidak mampu menyusun KKM kurikulum 2013, dari 30 orang guru Bahasa Indonesia, terdapat 10 (33,33%) guru belum mampu menyusun KKM Kurikulum 2013 pada siklus I kemudian pada siklus II terjadi penurunan jumlah guru yang belum mampu menyusun KKM Kurikulum 2013 menjadi 4 (13,33%) guru yang belum mampu menyusun KKM Kurikulum 2013 secara baik; (3) Kompetensi profesional guru Bahasa Indonesia dalam menyusun KKM Kurikulum 2013 dapat ditingkatkan melalui workshop.