KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENERAPKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK MELALUI WORKSHOP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik melalui workshop di SD Negeri 101789 Marindal . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah melalui 2 siklus, dimana masing-masing siklus memiliki tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan dan Pengamatan, (3) Evaluasi dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru guru yang mengajar di di SD Negeri 101789 Marindal Kabupaten Deli Serdang dengan jumlah 16 orang guru. Teknik pemgumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan perhitungan persentase jumlah guru yang sudah mampu menerapkan pendekatan pembelajaran Saintifik dan persentase jumlah guru yang belum mampu menerapkan pendekatan pembelajaran Saintifik di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Terdapat peningkatan jumlah guru yang menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik dari 16 orang guru, baru 11 (68,75%) guru menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik pada siklus I kemudian meningkat pada siklus II menjadi 14 (27,5%) guru yang sudah mampu menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik pada proses pembelajaran di dalam kelas; (2) Terdapat penurunan jumlah guru yang tidak mampu menerapkan pendekatan pembelajaran Saintifik, dari 16 orang guru, sebanyak 5 (31,25%) guru belum mampu menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik pada siklus I kemudian pada siklus II terjadi penurunan jumlah guru yang belum mampu menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik, menjadi 2 (12,5%) guru yang belum mampu menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik secara utuh; (3) Kompetensi profesional guru dalam menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik dapat ditingkatkan melalui workshop.