PENDEKATAN HEUTAGOGI DALAM PEMBELAJARAN di ERA SOCIETY 5.0
Main Article Content
Abstract
Dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan heutagogi di era society 5.0, peserta didik memiliki otonomi penuh dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, proaktif dan menyenangkan bagi dirinya sendiri. Selain itu praktek pendekatan heutagogi dalam pembelajaran di era society 5.0, ditekankan kepada peserta didik dalam pembelajaran bagaimana belajar (metakognisi). Kajian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menawarkan pendekatan heutagogi dalam pembelajaran di era society 5.0. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode study literature. Hasil penelitian mengungkapkan dalam upaya merealisasikan pembelajaran yang inovatif dan memenuhi kompetensi abad 21 dan tantangan society 5.0 di masa pandemi dan pasca pandemi dilakukan dengan pendidikan jarak jauh dan tatap muka dengan menggunakan cara-cara tertentu, untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pendekatan heutagogi yang dirancang sendiri oleh peserta didik. Sehingga dengan menggunakan pendekatan ini akan menciptakan double loop learning (pembelajaran putaran ganda) yaitu peserta didik mempertimbangkan masalah (problem), tindakan (action), dan hasil (outcome) yang dihasilkan dan bagaimana hal itu akan mempengaruhi keyakinan dan tindakan dalam pembelajaran.