PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini didasari dengan adanyakenyataan yang ada di lapangan belum sesuai dengan apa yang diharapkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Sijunjung tahun pelajaran 2019/2020 masih kurang. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang berlangsung dikelas belum melibatkan siswa secara aktif. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan modelpembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Sijunjung dengan menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) lebih baik, daripada pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Data hasil penelitian ini adalah data tes akhir pemahaman konsepĀ matematika siswa yang diperoleh dengan memberikan tes kepada kedua kelas sampel. Dari hasil analisis hipotesis uji-t diperoleh thitung = 1,936 dan ttabel = 1,669, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 2 Sijunjung.