MEDIA BALOK ANGKA MONTESSORI UNTUK ASPEK KOGNITIF DALAM BERPIKIR SIMBOLIK PADA ANAK

Main Article Content

Natalia Rosalina Rawa
Marsianus Meka
Maria Goreti Noa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media balok angka yang praktis untuk meningkatkan berpikir simbolik pada anak kelompok B di TKK St. Skolastika Mataia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research Development), yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TKK St. Skolastika Mataia, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada. Analisis data dengan pendekatan deskrpitif kualitatif dan deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian dan pengembangan media balok angka  menunjukkan bahwa media balok angka  yang digunakan untuk  aspek kognitif dalam  berpikir simbolik ini dikategorikan layak berdasarkan semua aspek yang divalidasi dan diujikan. Validasi materi dengan hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan skor 100% dengan kategori “sangat valid”, penilaian oleh media mendapatkan skor 83% dengan kategori “valid”, penilaian oleh ahli desain pembelajaran mendapatkan skor 83% dengan kategori “valid” serta uji coba pada anak kelompok B TKK St. Skolastika Mataia sebagai pengguna produk dengan skor 100% untuk uji coba perorangan dengan kategori “sangat valid: dan uji coba kelompok kecil skor 100% dengan kategori “sangat valid”.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rawa, N. R., Meka, M., & Noa, M. G. (2020). MEDIA BALOK ANGKA MONTESSORI UNTUK ASPEK KOGNITIF DALAM BERPIKIR SIMBOLIK PADA ANAK . JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(2), 107-113. Retrieved from https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/563
Section
Articles