EKSPLORASI MODEL EVALUASI LITERASI DIGITAL BERBASIS AI DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

St Nurasiah, Rukli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi model evaluasi literasi digital berbasis kecerdasan buatan (AI) di sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan mendesak untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi evaluasi literasi digital siswa di tengah perkembangan teknologi informasi yang pesat. Literasi digital tidak hanya mencakup keterampilan teknis dalam menggunakan perangkat, tetapi juga kemampuan berpikir kritis, pemahaman etika digital, serta keamanan siber. Namun, metode evaluasi konvensional sering kali tidak mampu mengukur aspek-aspek kompleks tersebut secara akurat dan menyeluruh. Dalam konteks ini, AI dipandang sebagai solusi inovatif yang dapat memberikan evaluasi otomatis, adaptif, dan berbasis data real-time.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi literatur dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI.B di UPT SD Negeri Biringkaloro, Kabupaten Gowa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah memiliki kemampuan dasar dalam menggunakan perangkat digital dan menunjukkan sikap positif terhadap literasi digital. AI dinilai memiliki potensi besar dalam mengevaluasi kompetensi literasi digital, seperti menganalisis aktivitas digital siswa, memberikan umpan balik otomatis, serta menilai pemahaman konten melalui pemrosesan bahasa alami.Namun, penerapan model evaluasi berbasis AI menghadapi tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya pelatihan guru, dan isu etika privasi data. Oleh karena itu, keberhasilan implementasi model ini memerlukan kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, pengembang teknologi, dan masyarakat. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan model evaluasi AI yang komprehensif dan adaptif, peningkatan kualitas data, pelatihan intensif bagi guru, serta integrasi model evaluasi AI ke dalam kurikulum literasi digital nasional. Dengan pendekatan yang tepat, AI dapat menjadi alat bantu strategis dalam membentuk generasi digital yang cerdas dan bertanggung jawab sejak usia dini.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
St Nurasiah, Rukli. (2025). EKSPLORASI MODEL EVALUASI LITERASI DIGITAL BERBASIS AI DI SEKOLAH DASAR. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(1), 145-152. https://doi.org/10.32696/jip.v6i1.4638
Section
Articles