EKSPLORASI PERAN GURU DALAM MENANAMKAN ETIKA DIGITAL KEPADA SISWA SEKOLAH DASAR Eksplorasi Peran Guru dalam Menanamkan Etika Digital kepada Siswa SD

Main Article Content

Nurul Hidayah

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi digital telah membawa dampak signifikan terhadap kehidupan sosial, termasuk dalam dunia pendidikan dasar. Anak-anak yang tergolong generasi digital natives cenderung aktif menggunakan teknologi, namun masih minim pemahaman terhadap nilai dan norma yang berlaku dalam ruang digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam menanamkan etika digital kepada siswa Sekolah Dasar, khususnya di UPT SDN 12 Pangkajene. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan dukungan data kuantitatif melalui pretest dan posttest untuk mengukur perubahan pemahaman guru. Kegiatan eksplorasi dilakukan melalui penyampaian materi, diskusi kelompok, studi kasus, dan refleksi praktik pembelajaran. Hasil menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap konsep etika digital meningkat secara signifikan setelah kegiatan, termasuk dalam memahami prinsip-prinsip dasar etika digital dan strategi penanaman nilai kepada siswa. Guru menyadari pentingnya kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan komunitas dalam membentuk karakter siswa di era digital. Kegiatan ini juga melahirkan sejumlah rekomendasi tindak lanjut, seperti pengembangan modul pembelajaran, penyusunan kebijakan etika digital sekolah, dan pelatihan lanjutan bagi guru. Eksplorasi ini menegaskan bahwa guru memiliki peran strategis dalam membentuk budaya digital yang sehat, serta menjadi agen perubahan dalam membimbing siswa menjadi pengguna teknologi yang bijak dan bertanggung jawab

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurul Hidayah. (2025). EKSPLORASI PERAN GURU DALAM MENANAMKAN ETIKA DIGITAL KEPADA SISWA SEKOLAH DASAR: Eksplorasi Peran Guru dalam Menanamkan Etika Digital kepada Siswa SD. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(1), 153-158. https://doi.org/10.32696/jip.v6i1.4637
Section
Articles