THE ANALYSIS OF THE TEACHER’S ROLE IN ENGLISH LEARNING BASED ON THE INFORMATION, COMMUNICATION, AND TECHNOLOGY
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris berbasis ICT (Information, Communication, And Technology). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data dari penelitian ini berupa informasi yang didapat melalui peristiwa, informan, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data etnografi yaitu teknik analisis data yang mencakup empat tahapan yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan analisis tema budaya. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada tujuh peran guru dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris berbasis ICT SMA Al- Azhar Medan. Peran guru yang ditemukan dalam pembelajaran bahasa Inggris yang berbasis ICT di SMA AL- Azhar Medan adalah guru berperan sebagai fasilitator, motivator, creator, pembimbing, evaluator, partner belajar dan teladan bagi siswa.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.