THE ANALYSIS OF THE TEACHER’S ROLE IN ENGLISH LEARNING BASED ON THE INFORMATION, COMMUNICATION, AND TECHNOLOGY

Main Article Content

Dewi Wulandari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris berbasis ICT (Information, Communication, And Technology). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data dari penelitian ini berupa informasi yang didapat melalui peristiwa, informan, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data etnografi yaitu teknik analisis data yang mencakup empat tahapan yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan analisis tema budaya. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada tujuh peran guru dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris berbasis ICT SMA Al- Azhar Medan. Peran guru yang ditemukan dalam pembelajaran bahasa Inggris yang berbasis ICT di SMA AL- Azhar Medan adalah guru berperan sebagai fasilitator, motivator, creator, pembimbing, evaluator, partner belajar dan teladan bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wulandari, D. (2024). THE ANALYSIS OF THE TEACHER’S ROLE IN ENGLISH LEARNING BASED ON THE INFORMATION, COMMUNICATION, AND TECHNOLOGY. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(2), 182-188. https://doi.org/10.32696/jip.v5i2.3834
Section
Articles