PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS KELAS VIII-2 DI SMP NEGERI 8 MEDAN
Main Article Content
Abstract
Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 8 Medan pada materi bilangan berpangkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 8 Medan, sementara objek penelitian adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran PBL pada materi perpangkatan tahun ajaran 2024/2025.Berdasarkan analisis data, rata-rata nilai tes awal siswa adalah 30,83 dengan hanya 3 siswa yang mencapai ketuntasan, sedangkan 27 siswa belum mencapai ketuntasan. Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I, terjadi peningkatan nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah menjadi 74,83 dengan 21 siswa mencapai ketuntasan, sementara 9 siswa belum tuntas. Pada siklus II, terdapat peningkatan lebih lanjut dengan nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah siswa menjadi 86,83, dengan 27 siswa mencapai ketuntasan dan 3 siswa belum tuntas. Ketuntasan siswa pada siklus II masuk dalam kategori baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran telah berhasil, dengan lebih dari 85% siswa mencapai ketuntasan dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.