KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM BERKOMUNIKASI BAHASA INGGRIS MELALUI BAHAN INFORMASI KONTEKSTUAL

Main Article Content

Marhaeni KD Matondang
Mardin Silalahi
Bismar Sibuea
Sariaman Gultom

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam berkomunikasi bahasa Inggris melalui pembelajaran kontekstual. Hal ini disebebakan karena dalam proses pembelajaran masih mengalami kesulitan terutama mengungkapkan hasil yang sudah diskusikan, berdasarkan hasil observasi diketahui hanya 21,5% yang memiliki berkomunikasi bahasa inggris, jadi bukan hanya menghapal vocabulary namun juga mampu berinteraksi melalui komunikasi. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh mahasiswa  yang mengikuti mata kuliah bahasa Inggris di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Univesitas Simalungun sebanyak 95 mahasiswa, maka sampel diambil secara purposive sampling dengan ketentuan mahasiwa memiliki kemampuan berbicara bahasa Inggris, maka sampel sebanyak 32 mahasiswa, teknik pengumpulan data adalah angket skala Likert dengan indikator diantaranya elaborasi, originalitas, interaksi dan fleksibiltas dan teknik analisa data menggunakan uji N-gain ternormalisasi. Hasil yang diperoleh diketahui bahwa tedapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam berkomunikasi bahasa Inggris melalui pembelajaran kontekstual sebesar 0,8 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, penelitian mampu memberikan informasi keterbahuruan dengan memberikan bahan informasi kontekstual budaya dan kehidupan sekitar mahasiswa mampu mengeksplor komunikasi dengan luas dan kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Matondang, M. K., Silalahi, M., Sibuea, B., & Gultom, S. (2024). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM BERKOMUNIKASI BAHASA INGGRIS MELALUI BAHAN INFORMASI KONTEKSTUAL. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), 86-92. https://doi.org/10.32696/jip.v5i1.3372
Section
Articles