MENALAAH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA
Main Article Content
Abstract
Kurikulum merdeka merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui pendekatan pembelajaran yang lebih fleksibel dan kreatif. Salah satu strategi pembelajaran yang disarankan dalam Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran berdiferensiasi atau pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan individu peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan tinjauan literatur mengenai penerapan pembelajaran diferensiasi di sekolah dasar dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Metode studi literatur mengumpulkan data dari sumber tertulis seperti jurnal, buku, laporan, dan dokumen lainnya. Berdasarkan hasil analisis, pembelajaran berdiferensiasi secara konseptual dilaksanakan dalam kerangka penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah dasar, dan merujuk pada sumber-sumber yang relevan diduga kuat akan meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat membawa manfaat yang signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik. Namun demikiam, untuk mencapai hasil pembelajaran diferensiasi yang optimal, penerapan pembelajaran diferensiasi memerlukan persiapan dan penyesuaian yang matang dari kepala sekolah, guru, dan pihak lain untuk memahami karakteristik peserta didik, penggunaan teknologi, dan merencanakan pembelajaran berdasarkan pada hasil yang diharapkan. Kurikulum Merdeka memberikan ruang dan kesempatan yang cukup besar bagi guru dan kepala sekolah untuk menyelenggarakan pembelajaran dengan cara yang berfokus pada keberagaman siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi. Hasil kajian literatur penerapan pembelajaran diferensiasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik terutama bagi guru, kepala sekolah dan stakeholder pendidikan lainnya di sekolah dasar dalam konteks Implementasi Kurikulum Merdeka dan menjadi bahan referensi bagi pendidik dan peneliti di bidang pendidikan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.