PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA TEMA EKOSISTEM

Main Article Content

Hawari Affandy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Project Based Learning pada tema ekosistem yang layak digunakan pada proses pembelajaran di kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap. Pada penelitian ini, peneliti melaksanakan model pengembangan ADDIE hanya sampai pada tahap pengembangan (development). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner yang diberikan kepada beberapa validator ahli, yaitu validator ahli media, validator ahli materi dan validator ahli pembelajaran. Total skor yang didapatkan dari validasi ahli media, yaitu 80 dengan kategori “Layak”. Dari validasi ahli materi skor yang didapatkan, yaitu 80 dengan kategori “Layak”. Dari ahli pembelajaran skor yang didapatkan sebesar 90,6 dengan kategori “Sangat Layak”. Rata-rata skor dari penilaian para ahli, yaitu 83,53. Dari skor tersebut dapat dikatakan bahwa media miniatur ekosistem air yang dikembangkan “Sangat Layak” untuk digunakan pada proses pembelajaran.


Kata Kunci:   Pengembangan, Media Pembelajaran, PjBL, Tema Ekosistem.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Affandy, H. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA TEMA EKOSISTEM. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(2), 124-131. https://doi.org/10.32696/jip.v5i2.3129
Section
Articles