MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT MELALUI WORKSHOP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menerapkan Cooperative Script melalui workshop di SMP Negeri 2 Sibolangit, SMP Negeri 1 Pancur Batu, SMPS Budi Setia Sunggal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah melalui 2 siklus, dimana masing-masing siklus memiliki tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan dan Pengamatan, (3) Evaluasi dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru guru yang mengajar di di SMP Negeri 2 Sibolangit, SMP Negeri 1 Pancur Batu, SMPS Budi Setia Sunggal Kabupaten Deli Serdang dengan jumlah 40 guru-guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik perhitungan persentase jumlah guru yang telah menerapkan Cooperative Script dan persentase jumlah guru yang belum menerapkan Cooperative Script. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Terdapat peningkatan jumlah guru yang menerapkan Cooperative Script dari 40 guru guru, baru 30 (75%) guru menerapkan Cooperative Script pada siklus I kemudian meningkat pada siklus II menjadi 36 (90,0%) guru yang sudah mampu menerapkan Cooperative Script pada proses pembelajaran di dalam kelas; (2) Terdapat penurunan jumlah guru yang tidak mampu menerapkan Cooperative Script, dari 40 guru guru, sebanyak 10 (25%) guru belum mampu menerapkan Cooperative Script pada siklus I kemudian pada siklus II terjadi penurunan jumlah guru yang belum mampu menerapkan Cooperative Script, menjadi 4 (10,0%) guru yang belum mampu menerapkan Cooperative Script secara utuh; (3) Kompetensi profesional guru dalam menerapkan Cooperative Script dapat ditingkatkan melalui workshop.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.