MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TRIO EXCHANGE MELALUI WORKSHOP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menerapkan strategi pembelajaran Cooperative Tipe Trio Exchange melalui workshop di SDN 064961, SDN 060793 dan SD Swasta Global Prima pada Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah melalui 2 siklus, dimana masing-masing siklus memiliki tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan dan Pengamatan, (3) Evaluasi dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru yang mengajar di SDN 064961, SDN 060793 dan SD Swasta Global Prima Kota Medan dengan jumlah 30 orangguru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan di dalam penelitan ini adalah dengan menggunakan teknik penghitungan persentase jumlah guru yang sudah mampu Menerapkan strategi pembelajaran Cooperative Tipe Trio Exchange dan persentase jumlah guru yang belum mampu menerapkan strategi pembelajaran di dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Terdapat peningkatan jumlah guru yang menerapkan strategi pembelajaran Cooperative Tipe Trio Exchange dari 30 orang guru, baru 22 (73,33%) guru menerapkan strategi pembelajaran Cooperative Tipe Trio Exchange pada siklus I kemudian meningkat pada siklus II menjadi 27 (90%) guru yang sudah mampu menerapkan strategi pembelajaran Cooperative Tipe Trio Exchange pada proses pembelajaran di dalam kelas; (2) Terdapat penurunan jumlah guru yang tidak mampu menerapkan strategi pembelajaran Cooperative Tipe Trio Exchange, dari 30 orang guru, sebanyak 8 (26,67%) guru belum mampu menerapkan strategi pembelajaran Cooperative Tipe Trio Exchange pada siklus I kemudian pada siklus II terjadi penurunan jumlah guru yang belum mampu menerapkan strategi pembelajaran Cooperative Tipe Trio Exchange, menjadi 3 (10%) guru yang belum mampu menerapkan strategi pembelajaran Cooperative Tipe Trio Exchange; (3) Kompetensi profesional guru dalam menerapkan Strategi Pembelajaran Cooperative Tipe Trio Exchange dapat ditingkatkan melalui workshop
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.