MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING MELALUI WORKSHOP

Main Article Content

Irwansyah Nur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menerapkan Model pembelajaran Probing Prompting melalui workshop  di SMA Swasta Dharma Bakti, SMAN 1 Namorambe, SMAS Nusantara Lubuk Pakam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah melalui 2 siklus, dimana masing-masing siklus memiliki tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan dan Pengamatan, (3) Evaluasi dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru guru yang mengajar di SMA Swasta Dharma Bakti, SMAN 1 Namorambe, SMAS Nusantara Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang   dengan jumlah 40 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan perhitungan persentase jumlah guru yang sudah mampu menerapkan model pembelajaran  Probing Prompting dan persentase jumlah guru yang belum mampu menerapkan model pembelajaran Probing Prompting di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Terdapat peningkatan jumlah guru yang menerapkan model pembelajaran Probing Prompting dari 40 orang guru, baru 30 (75,02%) guru menerapkan model pembelajaran Probing Prompting pada siklus I kemudian meningkat pada siklus II menjadi 36 (90%) guru yang sudah mampu menerapkan model pembelajaran Probing Prompting pada proses pembelajaran di dalam kelas; (2) Terdapat penurunan jumlah guru yang tidak mampu menerapkan model pembelajaran Probing Prompting, dari 40 orang guru, sebanyak 10 (25,0%) guru belum mampu menerapkan model pembelajaran Probing Prompting pada siklus I kemudian pada siklus II terjadi penurunan jumlah guru yang belum mampu menerapkan model pembelajaran Probing Prompting, menjadi 4 (10,0%) guru yang belum mampu menerapkan model pembelajaran Probing Prompting secara utuh; (3) Kompetensi profesional guru dalam menerapkan model pembelajaran Probing Prompting dapat meningkat melalui workshop.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Irwansyah Nur. (2023). MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING MELALUI WORKSHOP. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 32-37. https://doi.org/10.32696/jip.v4i1.2337
Section
Articles