PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR MULTIMETER DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikaji dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menggunakan alat ukur multimeter dengan metode tutor sebaya. Hal ini didasari kenyataan yang ada di kelas X TE 3 SMK Negeri 1 Ampelgading yang memiliki kemampuan menggunakan alat ukur multimeter masih rendah. Masalah penelitian ini dipusatkan pada bagaimana meningkatkan kemampuan menggunakan alat ukur multimeter dengan metode tutor sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode tutor sebaya dalam peningkatan kemampuan menggunakan alat ukur multimeter pada siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan menggunakan alat ukur multimeter pada siswa. Terbukti tes prasiklus kemampuan menggunakan alat ukur multimeter pada siswa secara klasikal berkatgori cukup dengan nilai 61 namun setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 80 dengan kategori baik atau meningkat 31,7%, setelah dilakukan tindakan siklus II meningkat menjadi 91 atau meningkat 49,6% dengan kategori sangat baik. Siswa terlihat lebih mampu dan semakin mandiri menggunakan alat ukur multimeter.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.