MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY (PENEMUAN)

Main Article Content

Jumintan Sianipar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  di Kelas VII-1 melalui Metode Pembelajaran Discovery di SMP Negeri 12 Medan  Tahun Pelajaran 2019/2020.  Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 12 Medan  sebanyak 31 orang. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan test, angket  dan observasi. Rentang nilai untuk tes  adalah 1-100. Instrumen yang di gunakan untuk pengelolaan data adalah menggunakan perhitungan jumlah rata-rata siswa yang tuntas, persentase jumlah siswa yang belum tuntas dan persentase jumlah siswa yang sudah tuntas. Hasil Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dengan menerapkan Metode pembelajaran Discovery dengan hasil sebagai berikut: (1) terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dimana pada test awal rata-rata hasil belajar siswa adalah 41,29, pada siklus I meningkatkan menjadi 66,77 kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,29, terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas, dimana pada test awal jumlah siswa yang tuntas hanya 0%, meningkat menjadi 64,52% pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 87,10% pada siklus II, terdapat penurunan jumlah siswa yang tidak tuntas, dimana pada test awal jumlah siswa yang tidak tuntas mencapai 100%, pada siklus I menjadi 35,48% kemudian pada siklus II menurun lagi menjadi 12,90% dengan kata lain hanya 4 siswa saja yang memperoleh nilai 60 dan selebihnya (27) siswa memperoleh nilai 70 dan di atas 70.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jumintan Sianipar. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY (PENEMUAN) . JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 122-126. https://doi.org/10.32696/jip.v3i2.1734
Section
Articles