MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK

Main Article Content

Jelliana Sihombing

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: Meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-6 melalui Pendekatan pembelajaran Saintifik di SMP Negeri 1 Labuhan Deli  pada Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Labuhan Deli  sebanyak 31 orang. Instrument yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan test,  angket  dan observasi. Rentang nilai untuk tes  adalah 1-100. Teknik analisa data yang digunakan adalah menggunakan perhitungan jumlah nilai rata-rata siswa, persentase jumlah siswa yang tuntas dan persentse jumlah siswa yang belum tuntas. Hasil Penelitian ini menunjukkan (1) terdapat peningkatan hasil belajar  dengan menerapkan Pendekatan pembelajaran Saintifik dengan hasil sebagai berikut, (2) terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dimana pada tes awal rata-rata hasil belajar siswa adalah 48,13, pada siklus I meningkatkan menjadi 66,77 kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 77,93; terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tuntas hanya 0%, meningkatkan menjadi 67,74% pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 87,10% pada siklus II. (3) terdapat penurunan jumlah siswa yang tidak tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tidak tuntas mencapai 100%, pada siklus I menurun menjadi 32,26% kemudian pada siklus II menurun lagi menjadi 12,90% dengan kata lain hanya 4 siswa saja yang memperoleh nilai 60 dan  selebihnya (27) siswa memperoleh nilai diatas 70.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jelliana Sihombing. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK . JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 117-121. https://doi.org/10.32696/jip.v3i2.1733
Section
Articles