MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING

Main Article Content

Tetty Hutabarat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: Meningkatkan  hasil belajar siswa kelas    IX-1 melalui Metode  Pembelajaran Role Playing di SMP Negeri 12 Medan pada tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 12 Medan sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan test, angket  dan observasi. Rentang nilai untuk tes  adalah 1-100. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan jumlah nilai rata rata siswa, persentase jumlah siswa yang tuntas dan persentase jumlah siswa yang belum tuntas. Hasil Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dengan menerapkan Metode  Pembelajaran Role Playing dengan hasil sebagai berikut: (1) Terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dimana pada tes awal rata-rata hasil belajar siswa adalah 39,33pada siklus I meningkatkan menjadi 67,33 kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 79,8, (2).Terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tuntas hanya 0%, meningkat menjadi 76,67% pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 86,67% pada siklus II,(3). Terdapat penurunan jumlah siswa yang tidak tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tidak tuntas mencapai 100%, pada siklus I menurun menjadi 23,33% kemudian pada siklus II menurun lagi menjadi 13,33% dengan kata lain hanya siswa saja yang memperoleh nilai dibawah 60  dan 60 dan selebihnya (26) siswa memperoleh nilai 70 dan di atas 70.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tetty Hutabarat. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 105-108. https://doi.org/10.32696/jip.v3i2.1730
Section
Articles