MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL PROBING PROMPTING

Main Article Content

Tio Lamrenta

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : Meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IX-8 melalui Model Probing Prompting di SMP Negeri 1 Labuhan Deli Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IX-8 SMP Negeri 1 Labuhan Deli sebanyak 29 orang. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan test, angket  dan observasi. Rentang nilai untuk tes  adalah 1-100. Teknik analisa data yang digunakan adalah menggunakan perhitungan jumlah nilai rata-rata siswa, persentase jumlah siswa yang tuntas dan persentase jumlah siswa yang tidak tuntas. Hasil Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dengan menerapkan Model Probing  Prompting dengan hasil sebagai berikut: terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dimana pada tes awal rata-rata hasil belajar siswa adalah 31,03, pada siklus I meningkatkan menjadi 66,55 kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 75,86 terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tuntas hanya 0%, meningkat menjadi 72,41% pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 86,21% pada siklus II, terdapat penurunan jumlah siswa yang tidak tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tidak tuntas mencapai 100%, pada siklus I menjadi 27,59 % kemudian pada siklus II menurun lagi menjadi 13,79% dengan kata lain hanya 4 siswa yang memperoleh nilai di bawah 70 dan selebihnya (25) siswa memperoleh di atas 70.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tio Lamrenta. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL PROBING PROMPTING . JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 87-90. https://doi.org/10.32696/jip.v3i2.1679
Section
Articles