ANALISIS KESANTUNAN DALAM INTERAKSI ANTARA GURU DAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Bahasa merupakan salah satu pilar penting dalam Pendidikan. Mengetahui dan menerapkan prinsip-prinsip kesopanan dan strategi-strategi kesopanan berbahasa dalam lingkungan sehari-hari dapat menciptakan kerukunan hidup bermasyarakat. ProsesĀ pembelajaran merupakan interaksi antara Guru dan Siswa yang mengantarkan siswa lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar. Suasana pembelajaran di kelas masih sering tidak sesuai dengan harapan. Hal itu dapat disebabkan oleh interaksi guru dan siswa yang kurang tepat. Interaksi tersebut meliputi cara guru berbahasa dalam menyampaikan materi dan bagaimana respon siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa guru dan siswa serta faktor-faktor yang mendukung kesantunan tersebut dalam konteks pembelajaran. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan fenomena atau gejala yang terjadi di sekitar yang dapat dilihat. Populasi sebanyak 120 siswa dan sampel 60 siswa. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang telah dilakukan dapat digambarkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru haruslah berdasarkan kaidah dan tata cara penyampaian yang santun, baik isi, bahasa, cara menyampaikan, maupun mimik dan gerak geriknya. Siswa dalam mengikuti pelajaran supaya menjaga sikap dengan baik, dan tutur kata yang santun baik kepada sesama teman, maupun kepada guru. Kunci kesuksesan dalam pembelajaran adalah kesepahaman antara guru dan siswa dalam interaksi pembelajaran yakni dengan menggunakan sikap dan tutur kata yang santun.