KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL

Main Article Content

Mimi Rosadi, Alkausar Saragih

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari masalah bagaimana menerapkan media audio visual dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pantai Cermin. Hal ini didasari karena menulis puisi di kalangan siswa biasanya dianggap sebagai suatu hal yang rumit dan membingungkan. Sebagian siswa biasanya bingung dalam menentukan objek tulisan, sebagian lagi karena siswa kesulitan mengembangkan daya imajinasi. Untuk mengetahui hal ini, peneliti mencoba menerapkan penggunaan media audiovisual, khususnya lagu dalam bentuk instrument sebagai salah satu cara membangkitkan keterampilan siswa agar menyukai pembelajaran menulis puisi sehingga dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis puisi. Dalam penelitian ini, memberikan tema kepada siswa tentang “Ibu”. Alasan peneliti memberikan tema tersebut untuk menjadikan siswa memiliki rasa cinta, nilai rasa hormat, dan nilai rasa sayang terhadap orang tua, khususnya ibu. Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas, peneliti berharap keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pantai Cermin meningkat. Hal ini ditandai dengan pemerolehan nilai siswa yang meningkat daripada sebelumnya secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mimi Rosadi, Alkausar Saragih. (2022). KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL . JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 49-54. https://doi.org/10.32696/jip.v3i1.1303
Section
Articles