MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN CARA BELAJAR SISWA

Main Article Content

Pince Uli Aritonang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1). Meningkatkan hasil belajar siswa, (2). Meningkatkan aktivitasĀ  belajar siswa. (3). Meningkatkan pemahaman siswa dan pembelajaran yang menggunakan strategi pembelajaran kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II-A SD Negeri 101788 Marindal sebanyak 29 orang dengan rincian 15 orang perempuan dan 14 orang laki-laki. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan test, angketĀ  dan observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan perhitungan jumlah nilai rata-rata siswa, jumlah persentase siswa yang tuntas dan jumlah persentase siswa yang tidak tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan menerapkan strategi pembelajaran cara belajar siswa aktif dengan hasil sebagai berikut: (1) terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dimana pada tes awal rata-rata hasil belajar siswa adalah 48,33%, pada siklus I meningkatkan menjadi 62,78% kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 73,61%, terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tuntas hanya 0%, meningkat menjadi 44,44% pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 83,33% pada siklus II, terdapat penurunan jumlah siswa yang tidak tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tidak tuntas mencapai 100%, pada siklus I menjadi 55,56% kemudian pada siklus II menurun lagi menjadi 16,67% dengan kata lain hanya 4 siswa saja yang memperoleh nilai 60 dan selebihnya (25) siswa memperoleh nilai 70 dan di atas 70.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pince Uli Aritonang. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN CARA BELAJAR SISWA . JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 25-29. https://doi.org/10.32696/jip.v3i1.1295
Section
Articles