MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENERAPKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK MELALUI WORKSHOP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik melalui workshop di SMP Binaan pada tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah melalui 2 siklus, dimana masing-masing siklus memiliki tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan dan Pengamatan, (3) Evaluasi dan (4) Refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah berjumlah 36 orang guru yang mengajar di SMP Binaan.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, kesioner,wawancara dan studi dokumentasi.Teknik analisa data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pehitungn persen jumlah guru yang sudah mampu Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik dan yang belum mampu Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik . Hasil penelitian menunjukkan: (1). Terdapat peningkatan jumlah guru yang mampu Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik dari 36 orang guru, baru 28. (77,77%) guru yang mampu Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik pada siklus I kemudian meningkat pada siklus II menjadi 30 (83,33%) guru yang sudah mampu Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik ; (2) Terdapat penurunan jumlah guru yang tidak mampu Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik, dari 36 orang guru, terdapat 8 (22,23%) guru belum mampu Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik pada siklus I kemudian pada siklus II terjadi penurunan jumlah guru yang belum mampu Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik menjadi 6 (16,67%) guru yang belum mampu Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik secara baik; (3) Kompetensi profesional guru dalam Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik dapat ditingkatkan melalui workshop.