EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO BERBASIS APLIKASI KINEMASTER TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA

Main Article Content

Dara Fitrah Dwi, Ahmad Alfaroby

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audio visual berbasis aplikasi kinemaster dalam pembelajaran ipa dalam memahami perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDN 105360. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah kelas IV SDN 105360 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah populasi 250 orang siswa. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel 20% yaitu 50   yang masing-masing berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengambilan sampel secara acak. Instrument atau alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes essay. Dari hasil analisis data yang dikeahui bahwa media audio visual berbasis aplikasi kinemaster lebih efektif dibandingkan dengan media konvensional pada siswa kelas IV SDN 105360. Dalam hal ini diperoleh  t_hitung 6.81 selanjutnya dikonsultasikan dengan  t_tabel pada taraf 0.05 (5%)=0.127 dengan dk = (N + N)-2= 48. Karena t_hitung yang diperoleh lebih besar dari t_tabel diterima. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran ipa dengan materi perubahan wujud dengan menggunakan media audio visual berbasis aplikasi kinemaster lebih efektif  dibandingkan dengan media konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dara Fitrah Dwi, Ahmad Alfaroby. (2022). EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO BERBASIS APLIKASI KINEMASTER TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 74-79. https://doi.org/10.32696/jip.v2i2.1078
Section
Articles