KEMAMPUAN MENULIS KREATIF NASKAH DRAMA DENGAN PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TIPE LEARNING COMMUNITY

Main Article Content

Hendry Paisal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan siswa dalam menulis naskah drama dengan penggunaan pendekatan kontekstual tipe learning community khususnya pada kelas VIII SMP N Padang Sidimpuan. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang penjabarannya dengan menggunakan hitungan statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas 9 yang terdiri dari kelas  A dan B yang berjumlah 65 orang. Maka sampel dari penelitian ini adalah kelas A saja yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil pengumpulan data dan pengolahan data dengan menggunakan rumus product moment penulis menemukan hasil yang cukup baik. Bahwa pendekatan kontekstual tipe learning community memiliki hubungan dengan kemampuan menulis kreatif naskah drama, besaran hubungan tersebut 0,476. Bila dikonsultasikan dengan  maka hasil indeks korelasi lebih besar daripada . Dengan demikian dalam penelitian ini memiliki pengaruh, antara pendekatan kontekstual tipe learning community

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hendry Paisal. (2022). KEMAMPUAN MENULIS KREATIF NASKAH DRAMA DENGAN PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TIPE LEARNING COMMUNITY. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 60-68. https://doi.org/10.32696/jip.v2i2.1076
Section
Articles