KEMAMPUAN MENULIS KREATIF NASKAH DRAMA DENGAN PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TIPE LEARNING COMMUNITY
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan siswa dalam menulis naskah drama dengan penggunaan pendekatan kontekstual tipe learning community khususnya pada kelas VIII SMP N Padang Sidimpuan. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang penjabarannya dengan menggunakan hitungan statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas 9 yang terdiri dari kelas A dan B yang berjumlah 65 orang. Maka sampel dari penelitian ini adalah kelas A saja yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil pengumpulan data dan pengolahan data dengan menggunakan rumus product moment penulis menemukan hasil yang cukup baik. Bahwa pendekatan kontekstual tipe learning community memiliki hubungan dengan kemampuan menulis kreatif naskah drama, besaran hubungan tersebut 0,476. Bila dikonsultasikan dengan maka hasil indeks korelasi lebih besar daripada . Dengan demikian dalam penelitian ini memiliki pengaruh, antara pendekatan kontekstual tipe learning community