PEMANFAATAN E–COMMERCE DALAM PEMASARAN PERTANIAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana e-commerce dapat digunakan untuk memasarkan produk dan meningkatkan penjualan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha dalam memanfaatkan e-commerce dan solusi untuk mengatasinya. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pemanfaatan e-commerce dalam pemasaran pertanian. sebagaimana tergambar dari hasil penelitian di bidang e- commerce secara umum. Dalam konteks pertanian, potensi pemanfaatan platform onlinedapatmemberikandampakpositifterhadapefisiensi,pemasaran,danjangkauan pasar bagi pelaku usaha pertanian.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
##plugins.generic.usageStats.noStats##
Rincian Artikel
Bagian
Articles
Referensi
Centre, P. D. (2019). 2004 Household Travel Survey. Population (English Edition), 72 Dewi,I.,Sebayang,V.B.,Manalu,D.S.T.,Rahmasari,L.F.,Nurunisa,V.F.,L,F.R.,Sastrawan,U.,Kuntari,W.,Sitepu,R.K.K.,Astuti,L.T.W.,&Sitorus,R.(2022).Strategi Digital Marketing Pada Produk Agribisnis. In Widina Bhakti Persada Bandung.
Fadilus Sufi, Eva Hana Rosidah, Cindy Elisa Putri, Fazat Fairuzia, & Paulina Andrianto. (2023). Taniku.id: Pemanfaatan Website Pasar Tani untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani. ProsidingSeminarNasionalPembangunanDanPendidikanVokasiPertanian,4(1),262–
273. https://doi.org/10.47687/snppvp.v4i1.649
Hidayati, N., Arianto, O., Stie, P., Dewantara, P., & Korespondesnsi, J. (2021). Oky Arianto Halaman 161 dari 168 Prosiding Snebdewa. 1(1), 161–168. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/articel/view/826
Nurjati, E. (2021). Peran Dan Tantangan E-Commerce Sebagai Media Akselerasi Manajemen Rantai Nilai Produk Pertanian.
Forum Penelitian Agro Ekonomi, 39(2), 115. https://doi.org/10.21082/fae.v39n2.2021.115-133
Putra, D. T., Idam Wahyudi, Rissa Megavitry, & Asep Supriadi. (2023). Pemanfaatan E- Commerce dalam Pemasaran Hasil Pertanian: Kelebihan dan Tantangan di Era Digital. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(08). https://doi.org/10.58812/jmws.v2i08.590
Rahmat, S., Hasan, M., Kamaruddin, C. A., Nurdiana, N., & Arisah, N. (2022). Pemanfatan E- Commerce Dalam Membantu Pemasaran Produk Pertanian Bagi Usaha Tani Di Kota Makassar. Jurnal Riset Entrepreneurship, 5(2), 56. https://doi.org/10.30587/jre.v5i2.4121
Rani,P.,Chakraborty,M.K.,Sah,R.P.R.P.R.P.,Subhashi,A.,Disna,R.,UIP,P.,Chaudhary,
D.P.,Kumar,A.A.A.A.A.,Kumar,R.R.,Singode,A.,Mukri,G.,Sah,R.P.R.P.R.P., Tiwana,U. S., Kumar,B., Madhav,P., Manigopa, C., Z,A. H., Anita, P., Rameshwar,
https://doi.org/10.1016/j.fcr.2017.06.020
Centre, P. D. (2019). 2004 Household Travel Survey. Population (English Edition), 72 Dewi,I.,Sebayang,V.B.,Manalu,D.S.T.,Rahmasari,L.F.,Nurunisa,V.F.,L,F.R.,Sastrawan,U.,Kuntari,W.,Sitepu,R.K.K.,Astuti,L.T.W.,&Sitorus,R.(2022).Strategi Digital Marketing Pada Produk Agribisnis. In Widina Bhakti Persada Bandung.
Fadilus Sufi, Eva Hana Rosidah, Cindy Elisa Putri, Fazat Fairuzia, & Paulina Andrianto. (2023). Taniku.id: Pemanfaatan Website Pasar Tani untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani. ProsidingSeminarNasionalPembangunanDanPendidikanVokasiPertanian,4(1),262–
273. https://doi.org/10.47687/snppvp.v4i1.649
Hidayati, N., Arianto, O., Stie, P., Dewantara, P., & Korespondesnsi, J. (2021). Oky Arianto Halaman 161 dari 168 Prosiding Snebdewa. 1(1), 161–168. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/articel/view/826
Nurjati, E. (2021). Peran Dan Tantangan E-Commerce Sebagai Media Akselerasi Manajemen Rantai Nilai Produk Pertanian.
Forum Penelitian Agro Ekonomi, 39(2), 115. https://doi.org/10.21082/fae.v39n2.2021.115-133
Putra, D. T., Idam Wahyudi, Rissa Megavitry, & Asep Supriadi. (2023). Pemanfaatan E- Commerce dalam Pemasaran Hasil Pertanian: Kelebihan dan Tantangan di Era Digital. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(08). https://doi.org/10.58812/jmws.v2i08.590
Rahmat, S., Hasan, M., Kamaruddin, C. A., Nurdiana, N., & Arisah, N. (2022). Pemanfatan E- Commerce Dalam Membantu Pemasaran Produk Pertanian Bagi Usaha Tani Di Kota Makassar. Jurnal Riset Entrepreneurship, 5(2), 56. https://doi.org/10.30587/jre.v5i2.4121
Rani,P.,Chakraborty,M.K.,Sah,R.P.R.P.R.P.,Subhashi,A.,Disna,R.,UIP,P.,Chaudhary,
D.P.,Kumar,A.A.A.A.A.,Kumar,R.R.,Singode,A.,Mukri,G.,Sah,R.P.R.P.R.P., Tiwana,U. S., Kumar,B., Madhav,P., Manigopa, C., Z,A. H., Anita, P., Rameshwar,
https://doi.org/10.1016/j.fcr.2017.06.020
Centre, P. D. (2019). 2004 Household Travel Survey. Population (English Edition), 72 Dewi,I.,Sebayang,V.B.,Manalu,D.S.T.,Rahmasari,L.F.,Nurunisa,V.F.,L,F.R.,Sastrawan,U.,Kuntari,W.,Sitepu,R.K.K.,Astuti,L.T.W.,&Sitorus,R.(2022).Strategi Digital Marketing Pada Produk Agribisnis. In Widina Bhakti Persada Bandung.
Fadilus Sufi, Eva Hana Rosidah, Cindy Elisa Putri, Fazat Fairuzia, & Paulina Andrianto. (2023). Taniku.id: Pemanfaatan Website Pasar Tani untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani. ProsidingSeminarNasionalPembangunanDanPendidikanVokasiPertanian,4(1),262–
273. https://doi.org/10.47687/snppvp.v4i1.649
Hidayati, N., Arianto, O., Stie, P., Dewantara, P., & Korespondesnsi, J. (2021). Oky Arianto Halaman 161 dari 168 Prosiding Snebdewa. 1(1), 161–168. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/articel/view/826
Nurjati, E. (2021). Peran Dan Tantangan E-Commerce Sebagai Media Akselerasi Manajemen Rantai Nilai Produk Pertanian.
Forum Penelitian Agro Ekonomi, 39(2), 115. https://doi.org/10.21082/fae.v39n2.2021.115-133
Putra, D. T., Idam Wahyudi, Rissa Megavitry, & Asep Supriadi. (2023). Pemanfaatan E- Commerce dalam Pemasaran Hasil Pertanian: Kelebihan dan Tantangan di Era Digital. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(08). https://doi.org/10.58812/jmws.v2i08.590
Rahmat, S., Hasan, M., Kamaruddin, C. A., Nurdiana, N., & Arisah, N. (2022). Pemanfatan E- Commerce Dalam Membantu Pemasaran Produk Pertanian Bagi Usaha Tani Di Kota Makassar. Jurnal Riset Entrepreneurship, 5(2), 56. https://doi.org/10.30587/jre.v5i2.4121
Rani,P.,Chakraborty,M.K.,Sah,R.P.R.P.R.P.,Subhashi,A.,Disna,R.,UIP,P.,Chaudhary,
D.P.,Kumar,A.A.A.A.A.,Kumar,R.R.,Singode,A.,Mukri,G.,Sah,R.P.R.P.R.P., Tiwana,U. S., Kumar,B., Madhav,P., Manigopa, C., Z,A. H., Anita, P., Rameshwar,
https://doi.org/10.1016/j.fcr.2017.06.020
Fadilus Sufi, Eva Hana Rosidah, Cindy Elisa Putri, Fazat Fairuzia, & Paulina Andrianto. (2023). Taniku.id: Pemanfaatan Website Pasar Tani untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani. ProsidingSeminarNasionalPembangunanDanPendidikanVokasiPertanian,4(1),262–
273. https://doi.org/10.47687/snppvp.v4i1.649
Hidayati, N., Arianto, O., Stie, P., Dewantara, P., & Korespondesnsi, J. (2021). Oky Arianto Halaman 161 dari 168 Prosiding Snebdewa. 1(1), 161–168. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/articel/view/826
Nurjati, E. (2021). Peran Dan Tantangan E-Commerce Sebagai Media Akselerasi Manajemen Rantai Nilai Produk Pertanian.
Forum Penelitian Agro Ekonomi, 39(2), 115. https://doi.org/10.21082/fae.v39n2.2021.115-133
Putra, D. T., Idam Wahyudi, Rissa Megavitry, & Asep Supriadi. (2023). Pemanfaatan E- Commerce dalam Pemasaran Hasil Pertanian: Kelebihan dan Tantangan di Era Digital. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(08). https://doi.org/10.58812/jmws.v2i08.590
Rahmat, S., Hasan, M., Kamaruddin, C. A., Nurdiana, N., & Arisah, N. (2022). Pemanfatan E- Commerce Dalam Membantu Pemasaran Produk Pertanian Bagi Usaha Tani Di Kota Makassar. Jurnal Riset Entrepreneurship, 5(2), 56. https://doi.org/10.30587/jre.v5i2.4121
Rani,P.,Chakraborty,M.K.,Sah,R.P.R.P.R.P.,Subhashi,A.,Disna,R.,UIP,P.,Chaudhary,
D.P.,Kumar,A.A.A.A.A.,Kumar,R.R.,Singode,A.,Mukri,G.,Sah,R.P.R.P.R.P., Tiwana,U. S., Kumar,B., Madhav,P., Manigopa, C., Z,A. H., Anita, P., Rameshwar,
https://doi.org/10.1016/j.fcr.2017.06.020
Centre, P. D. (2019). 2004 Household Travel Survey. Population (English Edition), 72 Dewi,I.,Sebayang,V.B.,Manalu,D.S.T.,Rahmasari,L.F.,Nurunisa,V.F.,L,F.R.,Sastrawan,U.,Kuntari,W.,Sitepu,R.K.K.,Astuti,L.T.W.,&Sitorus,R.(2022).Strategi Digital Marketing Pada Produk Agribisnis. In Widina Bhakti Persada Bandung.
Fadilus Sufi, Eva Hana Rosidah, Cindy Elisa Putri, Fazat Fairuzia, & Paulina Andrianto. (2023). Taniku.id: Pemanfaatan Website Pasar Tani untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani. ProsidingSeminarNasionalPembangunanDanPendidikanVokasiPertanian,4(1),262–
273. https://doi.org/10.47687/snppvp.v4i1.649
Hidayati, N., Arianto, O., Stie, P., Dewantara, P., & Korespondesnsi, J. (2021). Oky Arianto Halaman 161 dari 168 Prosiding Snebdewa. 1(1), 161–168. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/articel/view/826
Nurjati, E. (2021). Peran Dan Tantangan E-Commerce Sebagai Media Akselerasi Manajemen Rantai Nilai Produk Pertanian.
Forum Penelitian Agro Ekonomi, 39(2), 115. https://doi.org/10.21082/fae.v39n2.2021.115-133
Putra, D. T., Idam Wahyudi, Rissa Megavitry, & Asep Supriadi. (2023). Pemanfaatan E- Commerce dalam Pemasaran Hasil Pertanian: Kelebihan dan Tantangan di Era Digital. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(08). https://doi.org/10.58812/jmws.v2i08.590
Rahmat, S., Hasan, M., Kamaruddin, C. A., Nurdiana, N., & Arisah, N. (2022). Pemanfatan E- Commerce Dalam Membantu Pemasaran Produk Pertanian Bagi Usaha Tani Di Kota Makassar. Jurnal Riset Entrepreneurship, 5(2), 56. https://doi.org/10.30587/jre.v5i2.4121
Rani,P.,Chakraborty,M.K.,Sah,R.P.R.P.R.P.,Subhashi,A.,Disna,R.,UIP,P.,Chaudhary,
D.P.,Kumar,A.A.A.A.A.,Kumar,R.R.,Singode,A.,Mukri,G.,Sah,R.P.R.P.R.P., Tiwana,U. S., Kumar,B., Madhav,P., Manigopa, C., Z,A. H., Anita, P., Rameshwar,
https://doi.org/10.1016/j.fcr.2017.06.020
Centre, P. D. (2019). 2004 Household Travel Survey. Population (English Edition), 72 Dewi,I.,Sebayang,V.B.,Manalu,D.S.T.,Rahmasari,L.F.,Nurunisa,V.F.,L,F.R.,Sastrawan,U.,Kuntari,W.,Sitepu,R.K.K.,Astuti,L.T.W.,&Sitorus,R.(2022).Strategi Digital Marketing Pada Produk Agribisnis. In Widina Bhakti Persada Bandung.
Fadilus Sufi, Eva Hana Rosidah, Cindy Elisa Putri, Fazat Fairuzia, & Paulina Andrianto. (2023). Taniku.id: Pemanfaatan Website Pasar Tani untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani. ProsidingSeminarNasionalPembangunanDanPendidikanVokasiPertanian,4(1),262–
273. https://doi.org/10.47687/snppvp.v4i1.649
Hidayati, N., Arianto, O., Stie, P., Dewantara, P., & Korespondesnsi, J. (2021). Oky Arianto Halaman 161 dari 168 Prosiding Snebdewa. 1(1), 161–168. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/articel/view/826
Nurjati, E. (2021). Peran Dan Tantangan E-Commerce Sebagai Media Akselerasi Manajemen Rantai Nilai Produk Pertanian.
Forum Penelitian Agro Ekonomi, 39(2), 115. https://doi.org/10.21082/fae.v39n2.2021.115-133
Putra, D. T., Idam Wahyudi, Rissa Megavitry, & Asep Supriadi. (2023). Pemanfaatan E- Commerce dalam Pemasaran Hasil Pertanian: Kelebihan dan Tantangan di Era Digital. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(08). https://doi.org/10.58812/jmws.v2i08.590
Rahmat, S., Hasan, M., Kamaruddin, C. A., Nurdiana, N., & Arisah, N. (2022). Pemanfatan E- Commerce Dalam Membantu Pemasaran Produk Pertanian Bagi Usaha Tani Di Kota Makassar. Jurnal Riset Entrepreneurship, 5(2), 56. https://doi.org/10.30587/jre.v5i2.4121
Rani,P.,Chakraborty,M.K.,Sah,R.P.R.P.R.P.,Subhashi,A.,Disna,R.,UIP,P.,Chaudhary,
D.P.,Kumar,A.A.A.A.A.,Kumar,R.R.,Singode,A.,Mukri,G.,Sah,R.P.R.P.R.P., Tiwana,U. S., Kumar,B., Madhav,P., Manigopa, C., Z,A. H., Anita, P., Rameshwar,
https://doi.org/10.1016/j.fcr.2017.06.020