PEMANFAATAN E–COMMERCE DALAM PEMASARAN PERTANIAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana e-commerce dapat digunakan untuk memasarkan produk dan meningkatkan penjualan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha dalam memanfaatkan e-commerce dan solusi untuk mengatasinya. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pemanfaatan e-commerce dalam pemasaran pertanian. sebagaimana tergambar dari hasil penelitian di bidang e- commerce secara umum. Dalam konteks pertanian, potensi pemanfaatan platform onlinedapatmemberikandampakpositifterhadapefisiensi,pemasaran,danjangkauan pasar bagi pelaku usaha pertanian.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
Section
Articles
References
Centre, P. D. (2019). 2004 Household Travel Survey. Population (English Edition), 72 Dewi,I.,Sebayang,V.B.,Manalu,D.S.T.,Rahmasari,L.F.,Nurunisa,V.F.,L,F.R.,Sastrawan,U.,Kuntari,W.,Sitepu,R.K.K.,Astuti,L.T.W.,&Sitorus,R.(2022).Strategi Digital Marketing Pada Produk Agribisnis. In Widina Bhakti Persada Bandung.
Fadilus Sufi, Eva Hana Rosidah, Cindy Elisa Putri, Fazat Fairuzia, & Paulina Andrianto. (2023). Taniku.id: Pemanfaatan Website Pasar Tani untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani. ProsidingSeminarNasionalPembangunanDanPendidikanVokasiPertanian,4(1),262–
273. https://doi.org/10.47687/snppvp.v4i1.649
Hidayati, N., Arianto, O., Stie, P., Dewantara, P., & Korespondesnsi, J. (2021). Oky Arianto Halaman 161 dari 168 Prosiding Snebdewa. 1(1), 161–168. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/articel/view/826
Nurjati, E. (2021). Peran Dan Tantangan E-Commerce Sebagai Media Akselerasi Manajemen Rantai Nilai Produk Pertanian.
Forum Penelitian Agro Ekonomi, 39(2), 115. https://doi.org/10.21082/fae.v39n2.2021.115-133
Putra, D. T., Idam Wahyudi, Rissa Megavitry, & Asep Supriadi. (2023). Pemanfaatan E- Commerce dalam Pemasaran Hasil Pertanian: Kelebihan dan Tantangan di Era Digital. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(08). https://doi.org/10.58812/jmws.v2i08.590
Rahmat, S., Hasan, M., Kamaruddin, C. A., Nurdiana, N., & Arisah, N. (2022). Pemanfatan E- Commerce Dalam Membantu Pemasaran Produk Pertanian Bagi Usaha Tani Di Kota Makassar. Jurnal Riset Entrepreneurship, 5(2), 56. https://doi.org/10.30587/jre.v5i2.4121
Rani,P.,Chakraborty,M.K.,Sah,R.P.R.P.R.P.,Subhashi,A.,Disna,R.,UIP,P.,Chaudhary,
D.P.,Kumar,A.A.A.A.A.,Kumar,R.R.,Singode,A.,Mukri,G.,Sah,R.P.R.P.R.P., Tiwana,U. S., Kumar,B., Madhav,P., Manigopa, C., Z,A. H., Anita, P., Rameshwar,
https://doi.org/10.1016/j.fcr.2017.06.020
Centre, P. D. (2019). 2004 Household Travel Survey. Population (English Edition), 72 Dewi,I.,Sebayang,V.B.,Manalu,D.S.T.,Rahmasari,L.F.,Nurunisa,V.F.,L,F.R.,Sastrawan,U.,Kuntari,W.,Sitepu,R.K.K.,Astuti,L.T.W.,&Sitorus,R.(2022).Strategi Digital Marketing Pada Produk Agribisnis. In Widina Bhakti Persada Bandung.
Fadilus Sufi, Eva Hana Rosidah, Cindy Elisa Putri, Fazat Fairuzia, & Paulina Andrianto. (2023). Taniku.id: Pemanfaatan Website Pasar Tani untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani. ProsidingSeminarNasionalPembangunanDanPendidikanVokasiPertanian,4(1),262–
273. https://doi.org/10.47687/snppvp.v4i1.649
Hidayati, N., Arianto, O., Stie, P., Dewantara, P., & Korespondesnsi, J. (2021). Oky Arianto Halaman 161 dari 168 Prosiding Snebdewa. 1(1), 161–168. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/articel/view/826
Nurjati, E. (2021). Peran Dan Tantangan E-Commerce Sebagai Media Akselerasi Manajemen Rantai Nilai Produk Pertanian.
Forum Penelitian Agro Ekonomi, 39(2), 115. https://doi.org/10.21082/fae.v39n2.2021.115-133
Putra, D. T., Idam Wahyudi, Rissa Megavitry, & Asep Supriadi. (2023). Pemanfaatan E- Commerce dalam Pemasaran Hasil Pertanian: Kelebihan dan Tantangan di Era Digital. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(08). https://doi.org/10.58812/jmws.v2i08.590
Rahmat, S., Hasan, M., Kamaruddin, C. A., Nurdiana, N., & Arisah, N. (2022). Pemanfatan E- Commerce Dalam Membantu Pemasaran Produk Pertanian Bagi Usaha Tani Di Kota Makassar. Jurnal Riset Entrepreneurship, 5(2), 56. https://doi.org/10.30587/jre.v5i2.4121
Rani,P.,Chakraborty,M.K.,Sah,R.P.R.P.R.P.,Subhashi,A.,Disna,R.,UIP,P.,Chaudhary,
D.P.,Kumar,A.A.A.A.A.,Kumar,R.R.,Singode,A.,Mukri,G.,Sah,R.P.R.P.R.P., Tiwana,U. S., Kumar,B., Madhav,P., Manigopa, C., Z,A. H., Anita, P., Rameshwar,
https://doi.org/10.1016/j.fcr.2017.06.020
Centre, P. D. (2019). 2004 Household Travel Survey. Population (English Edition), 72 Dewi,I.,Sebayang,V.B.,Manalu,D.S.T.,Rahmasari,L.F.,Nurunisa,V.F.,L,F.R.,Sastrawan,U.,Kuntari,W.,Sitepu,R.K.K.,Astuti,L.T.W.,&Sitorus,R.(2022).Strategi Digital Marketing Pada Produk Agribisnis. In Widina Bhakti Persada Bandung.
Fadilus Sufi, Eva Hana Rosidah, Cindy Elisa Putri, Fazat Fairuzia, & Paulina Andrianto. (2023). Taniku.id: Pemanfaatan Website Pasar Tani untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani. ProsidingSeminarNasionalPembangunanDanPendidikanVokasiPertanian,4(1),262–
273. https://doi.org/10.47687/snppvp.v4i1.649
Hidayati, N., Arianto, O., Stie, P., Dewantara, P., & Korespondesnsi, J. (2021). Oky Arianto Halaman 161 dari 168 Prosiding Snebdewa. 1(1), 161–168. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/articel/view/826
Nurjati, E. (2021). Peran Dan Tantangan E-Commerce Sebagai Media Akselerasi Manajemen Rantai Nilai Produk Pertanian.
Forum Penelitian Agro Ekonomi, 39(2), 115. https://doi.org/10.21082/fae.v39n2.2021.115-133
Putra, D. T., Idam Wahyudi, Rissa Megavitry, & Asep Supriadi. (2023). Pemanfaatan E- Commerce dalam Pemasaran Hasil Pertanian: Kelebihan dan Tantangan di Era Digital. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(08). https://doi.org/10.58812/jmws.v2i08.590
Rahmat, S., Hasan, M., Kamaruddin, C. A., Nurdiana, N., & Arisah, N. (2022). Pemanfatan E- Commerce Dalam Membantu Pemasaran Produk Pertanian Bagi Usaha Tani Di Kota Makassar. Jurnal Riset Entrepreneurship, 5(2), 56. https://doi.org/10.30587/jre.v5i2.4121
Rani,P.,Chakraborty,M.K.,Sah,R.P.R.P.R.P.,Subhashi,A.,Disna,R.,UIP,P.,Chaudhary,
D.P.,Kumar,A.A.A.A.A.,Kumar,R.R.,Singode,A.,Mukri,G.,Sah,R.P.R.P.R.P., Tiwana,U. S., Kumar,B., Madhav,P., Manigopa, C., Z,A. H., Anita, P., Rameshwar,
https://doi.org/10.1016/j.fcr.2017.06.020
Fadilus Sufi, Eva Hana Rosidah, Cindy Elisa Putri, Fazat Fairuzia, & Paulina Andrianto. (2023). Taniku.id: Pemanfaatan Website Pasar Tani untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani. ProsidingSeminarNasionalPembangunanDanPendidikanVokasiPertanian,4(1),262–
273. https://doi.org/10.47687/snppvp.v4i1.649
Hidayati, N., Arianto, O., Stie, P., Dewantara, P., & Korespondesnsi, J. (2021). Oky Arianto Halaman 161 dari 168 Prosiding Snebdewa. 1(1), 161–168. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/articel/view/826
Nurjati, E. (2021). Peran Dan Tantangan E-Commerce Sebagai Media Akselerasi Manajemen Rantai Nilai Produk Pertanian.
Forum Penelitian Agro Ekonomi, 39(2), 115. https://doi.org/10.21082/fae.v39n2.2021.115-133
Putra, D. T., Idam Wahyudi, Rissa Megavitry, & Asep Supriadi. (2023). Pemanfaatan E- Commerce dalam Pemasaran Hasil Pertanian: Kelebihan dan Tantangan di Era Digital. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(08). https://doi.org/10.58812/jmws.v2i08.590
Rahmat, S., Hasan, M., Kamaruddin, C. A., Nurdiana, N., & Arisah, N. (2022). Pemanfatan E- Commerce Dalam Membantu Pemasaran Produk Pertanian Bagi Usaha Tani Di Kota Makassar. Jurnal Riset Entrepreneurship, 5(2), 56. https://doi.org/10.30587/jre.v5i2.4121
Rani,P.,Chakraborty,M.K.,Sah,R.P.R.P.R.P.,Subhashi,A.,Disna,R.,UIP,P.,Chaudhary,
D.P.,Kumar,A.A.A.A.A.,Kumar,R.R.,Singode,A.,Mukri,G.,Sah,R.P.R.P.R.P., Tiwana,U. S., Kumar,B., Madhav,P., Manigopa, C., Z,A. H., Anita, P., Rameshwar,
https://doi.org/10.1016/j.fcr.2017.06.020
Centre, P. D. (2019). 2004 Household Travel Survey. Population (English Edition), 72 Dewi,I.,Sebayang,V.B.,Manalu,D.S.T.,Rahmasari,L.F.,Nurunisa,V.F.,L,F.R.,Sastrawan,U.,Kuntari,W.,Sitepu,R.K.K.,Astuti,L.T.W.,&Sitorus,R.(2022).Strategi Digital Marketing Pada Produk Agribisnis. In Widina Bhakti Persada Bandung.
Fadilus Sufi, Eva Hana Rosidah, Cindy Elisa Putri, Fazat Fairuzia, & Paulina Andrianto. (2023). Taniku.id: Pemanfaatan Website Pasar Tani untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani. ProsidingSeminarNasionalPembangunanDanPendidikanVokasiPertanian,4(1),262–
273. https://doi.org/10.47687/snppvp.v4i1.649
Hidayati, N., Arianto, O., Stie, P., Dewantara, P., & Korespondesnsi, J. (2021). Oky Arianto Halaman 161 dari 168 Prosiding Snebdewa. 1(1), 161–168. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/articel/view/826
Nurjati, E. (2021). Peran Dan Tantangan E-Commerce Sebagai Media Akselerasi Manajemen Rantai Nilai Produk Pertanian.
Forum Penelitian Agro Ekonomi, 39(2), 115. https://doi.org/10.21082/fae.v39n2.2021.115-133
Putra, D. T., Idam Wahyudi, Rissa Megavitry, & Asep Supriadi. (2023). Pemanfaatan E- Commerce dalam Pemasaran Hasil Pertanian: Kelebihan dan Tantangan di Era Digital. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(08). https://doi.org/10.58812/jmws.v2i08.590
Rahmat, S., Hasan, M., Kamaruddin, C. A., Nurdiana, N., & Arisah, N. (2022). Pemanfatan E- Commerce Dalam Membantu Pemasaran Produk Pertanian Bagi Usaha Tani Di Kota Makassar. Jurnal Riset Entrepreneurship, 5(2), 56. https://doi.org/10.30587/jre.v5i2.4121
Rani,P.,Chakraborty,M.K.,Sah,R.P.R.P.R.P.,Subhashi,A.,Disna,R.,UIP,P.,Chaudhary,
D.P.,Kumar,A.A.A.A.A.,Kumar,R.R.,Singode,A.,Mukri,G.,Sah,R.P.R.P.R.P., Tiwana,U. S., Kumar,B., Madhav,P., Manigopa, C., Z,A. H., Anita, P., Rameshwar,
https://doi.org/10.1016/j.fcr.2017.06.020
Centre, P. D. (2019). 2004 Household Travel Survey. Population (English Edition), 72 Dewi,I.,Sebayang,V.B.,Manalu,D.S.T.,Rahmasari,L.F.,Nurunisa,V.F.,L,F.R.,Sastrawan,U.,Kuntari,W.,Sitepu,R.K.K.,Astuti,L.T.W.,&Sitorus,R.(2022).Strategi Digital Marketing Pada Produk Agribisnis. In Widina Bhakti Persada Bandung.
Fadilus Sufi, Eva Hana Rosidah, Cindy Elisa Putri, Fazat Fairuzia, & Paulina Andrianto. (2023). Taniku.id: Pemanfaatan Website Pasar Tani untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani. ProsidingSeminarNasionalPembangunanDanPendidikanVokasiPertanian,4(1),262–
273. https://doi.org/10.47687/snppvp.v4i1.649
Hidayati, N., Arianto, O., Stie, P., Dewantara, P., & Korespondesnsi, J. (2021). Oky Arianto Halaman 161 dari 168 Prosiding Snebdewa. 1(1), 161–168. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/articel/view/826
Nurjati, E. (2021). Peran Dan Tantangan E-Commerce Sebagai Media Akselerasi Manajemen Rantai Nilai Produk Pertanian.
Forum Penelitian Agro Ekonomi, 39(2), 115. https://doi.org/10.21082/fae.v39n2.2021.115-133
Putra, D. T., Idam Wahyudi, Rissa Megavitry, & Asep Supriadi. (2023). Pemanfaatan E- Commerce dalam Pemasaran Hasil Pertanian: Kelebihan dan Tantangan di Era Digital. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(08). https://doi.org/10.58812/jmws.v2i08.590
Rahmat, S., Hasan, M., Kamaruddin, C. A., Nurdiana, N., & Arisah, N. (2022). Pemanfatan E- Commerce Dalam Membantu Pemasaran Produk Pertanian Bagi Usaha Tani Di Kota Makassar. Jurnal Riset Entrepreneurship, 5(2), 56. https://doi.org/10.30587/jre.v5i2.4121
Rani,P.,Chakraborty,M.K.,Sah,R.P.R.P.R.P.,Subhashi,A.,Disna,R.,UIP,P.,Chaudhary,
D.P.,Kumar,A.A.A.A.A.,Kumar,R.R.,Singode,A.,Mukri,G.,Sah,R.P.R.P.R.P., Tiwana,U. S., Kumar,B., Madhav,P., Manigopa, C., Z,A. H., Anita, P., Rameshwar,
https://doi.org/10.1016/j.fcr.2017.06.020