Exploring EFL Student’s Strategy In Improving Public Speaking Skill
Main Article Content
Abstract
Keterampilan berbicara di depan umum merupakan suatu keharusan bagi siswa EFL untuk meraih kesuksesan disekolah, pekerjaan, dan bahkan kehidupan. (Lucas 2009,10) di dalam bukunya: “Sepanjang sejarah, orang-orang telah menggunakan public speaking (berbicara didepan umum) sebagai sarana komunikasi yang penting. Public speaking (berbicara didepan umum) merupakan cara untuk menyampaikan ide-ide yang ada kepada publik, membagikannya kepada orang lain, dan memengaruhi orang lain”. Keterampilan ini dianggap sebagai keterampilan penting yang membantu siswa untuk menjadi lebih fasih dan percaya diri dalam presentasi dan komunikasi. Mengingat pentingnya public speaking (berbicara disepan umum), tidak mengherankan bahwa keterampilan ini telah diajarkan dan dipelajari di seluruh dunia selama ribuan tahun. Dan bagi setiap individu, pasti ada strategi mereka sendiri untuk meningatkan keterampilan berbicara didepan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau menyelidiki strategi siswa EFL dalam meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum mereka. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian mini ini mengeksplorasi pengalaman dan perspektif siswa tentang proses peningkatan keterampilan berbicara di depan umum mereka. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan 4 siswa yang dipilih menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan grounded theory menghasilkan temuan bahwa siswa EFL menggunakan berbagai strategi kognitif, efektif, dan sosial untuk mengatasi tantangan dalam berbicara di depan umum. Tujuan dari penelitian mini ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada siswa EFL lainnya tentang strategi apa yang dapat dicoba dan digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum.