Pengaruh Media Sosial Terhadap Kontrol Diri Siswa Kelas VIII di MTs Al Ikhlasiyah Sei Buluh

  • Fitri Oktaviana Universitas Muslim Nusantara AL-Washliyah
  • Ika Sandra Dewi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh media sosial terhadap control diri siswa di kelas VIII MTs Al-Ikhlasiyah Sei Buluh pada tahun ajaran 2022/2023. Penggunaan media sosial yang mudah diakses dan menyeluruh dapat menyebabkan mereka mudah terpengaruh oleh hal yang yang berdampak negative, maka hal tersebut perlu pengontrolan terhadap diri. Desain penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen menekankan pada analisis data numerikal. Data primer diperoleh melalui pengisian angket oleh peserta didik kelas VIII MTs Al-Ikhlasiyah Sei Buluh tahun ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 90 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan 32 siswa sebagai sampel penelitian. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikans < 0.05 artinya variabel x berpengaruh terhadap variabel y sebaliknya jika niai signifikansi > 0.05 artinya variabel x tidak berpengaruh terhadap variabel y. Dari output diketahui bahwa nilai F hitung =379.483 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 <0.05, maka variabel media sosialĀ  (X) berpengaruh terhadap control diri siswa (Y).

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Baumeister,R.F., &Exline, J.J.(2004). Self-Control, Morality, and Human Strength. Journal of Social and Clinical Psychology, Vol. 14, No I, pp 29-42.
Fatimah, E. (2006). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV. Pustaka Setia.
Ghufron, Nur, M., Risnawati, Rini. (2011). Teori-teori Psikologi. Jogyakarta: ArRuzz Media.
Herawati, I., Afnaria, A., Rambe, I. H., & Yusuf, R. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Trigonometri di SMA. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 374-388.
Hurlock, E.B. 1991. Psikolgi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Papalia, D.E, Olds, S.W., & Feldman, R.D. (2004). Human Development (9th ed). New York:McGraw Hill
Rivai, Veithzal, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, dari Teori ke Praktik, PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sarafino, E.P. (2006). Health Psychology Biopsychosocial Interactions (5th ed). USA : John Willey & Sons Inc.
Siagian, S. S., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2014). Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 8-13.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Suherli. 2007. Menulis Karangan Ilmiah. Depok : Arya Duta.
Utaminingsih, I,A. (2006). Pengaruh Penggunaan Ponsel Pada Remaja Terhadap Interaksi Sosial Remaja (Kasus SMUN 68, Salemba Jakarta Pusat, DKI Jakarta). (Skripsi tidak dipublikasikan). Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor
Diterbitkan
2023-12-31