Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada Tema Kewajiban Dan Hakku Kelas III SD

  • Dian Ayu Pitaloka Universitas Muslim Nusantara AL-Washliyah

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengembangan media pembelajaran flipbook dalam meningkatkan minat baca siswa pada pembelajaran tematik pada subtema 1 Kewajiban dan Hakku Dirumah kelas III SD. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran flipbook dalam meningkatkan minat baca siswa pada pembelajaran tematik pada subtema 1 Kewajiban dan Hakku Dirumah kelas III SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Pada penelitian ini, peneliti melaksanakan prosedur penelitian menggunakan 5 tahapan untuk mengetahui hasil dari kelayakan media pembelajaran flipbook. Subjek dalam penelitian ini yaitu berupa media pembelajaran flipbook yang dikembangkan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan keefektifan media pembelajaran flipbook. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelaah dari ahli materi mendapatkan persentase sebesar 97,5% dengan kriteria “sangat baik”, dari hasil penelaah ahli media mendapatkan persentase sebesar 85% dengan kriteria “sangat baik”, dari hasil respon guru mendapatkan persentase sebesar 92,5% dengan kriteria “sangat baik”, dan respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran flipbook mendapatkan persentase sebesar 97,75% dengan kriteria “sangat baik”. Dari penilaian yang didapatkan dapat dikatakan bahwa media pembelajaran flipbook yang dikembangkan “sangat baik” digunakan pada proses pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

A, Sofyan. M. H. (2015). Meningkatkan Motivasi Membaca. Jurnal Iqra’, 09(5).
Angkowo, R. Kosasih, A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Kota : Jakarta.
Gumono. (2016). Profil Minat Baca Mahasiswa FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Wacana.
Hasnida. (2014). Media Pembelajaran Kreatif Mendukung Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. Kota : Jakarta.
Hidayat, A., Mujib, A., & Muslihah, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Keterampilan Membaca Intensif Melalui Model Pengembangan Borg Dan Gall. JPPM Jurnal Penelitian dan Pengabadian Masyarakat, 1(1), 159-167.
Magdalena, Ina. 2021. Tulisan Bersama Tentang Media Pembelajaran SD. Kota : Sukabumi.
Mirnawati, L. Fabriya, R, A. (2022). Penerapan Media Fipbook Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar. 10(1).
Napitupulu. S. Wahyuni. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Tema Kayanya Negeriku Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan.
Nurdiansah. Y. (2022). Meningkatkan Minat Dan Aktivitas Membaca Siswa Dengan Menggunakan Media Flipbook Kelas II SD. Jurnal PAJAR, 06(5). DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8834.
Santika, A., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia di kelas 2 sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 83-96.
Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik dan kemandirian belajar peserta didik. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35-46.
Siska, A., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sekolah Batam (Studi Pada Sdn 005 Sekupang Batam). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 93-106.
Triskawati, T., & Silalahi, B. R. (2021). Pengembangan Media Dokansi Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 55-67.
Wahid. A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional.
Wahyuni, G., Destini, R., & Mujib, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Visual Siswa. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 5(2), 39-52.
Wahyuni. R. Napitupulu. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Tema Kayanya Negeriku Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan.
Widodo, H. (2019). Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa. Kota : Semarang.
Diterbitkan
2023-10-04