Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran Tematik Tema 8 Keselamatan Di Rumah dan Perjalanan Kelas II

  • Siti Zeinina Universitas Muslim Nusantara AL-Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan ular tangga pada pembelajaran tematik tema 8 keselamatan di ruamah dan perjalanan untuk mengetahui pengembangan media, serta mengetahui tingkat kemenarikan dan kelayakan media pembelajaran berbasis permainan ular tangga pada pembelajaran tematik tema 8 keselamatan di rumah dan perjalanan kelas II. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu tahap Analisys (analisis), tahap Design (perancangan), tahap Development (pengembangan). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan uji kelayakan oleh validator ahli mediadan validator ahli materi, serta penyebaran angket respon guru. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli media, ahli materi dan lembar angket respon guru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis permainan ular tangga telah yang telah dikembangkan, berdasarkan penilaian oleh ahli media diperoleh nilai presentase 87% dengan kategori sangat layak, dari penilaian ahli materi diperoleh presentase 85% dengan ketegori sangat layak dan hasil respon guru diperoleh total presentase 97% dalam kategori sangat layak. Jadi dapat disimpulakan bahwa media pembelajaran berbasis permainan ular tangga pada pembelajaran tematik tema 8 keselamatan di rumah dan perjalanan sangat layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran bagi peserta didik di kelas II MIS Darul Ikhlas Pagar Merbau.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Alwi Said, (2017). Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Semantic Scholar 8 (2), 150.
Amin Mohammad Latiful dkk, (2020). The Increase of Students Science Cognitive using Snake Ladder Media. Primary Education 9 (1), 70.
Arafat Maulana, Azizan Nashran (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI. Diperoleh dari http://webadmin-ipusnas.perpusnas.go.id/ipusnas/publications/books/170194/
Ariyanto Budi, dkk (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. JPD 2 (1), 86. DOI: http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v2i01.917
Hasnida, (2014). Media Pembelajaran Kreatif. Diperoleh dari http://webadmin-ipusnas.perpusnas.go.id/ipusnas/publications/books/108507/
Hidayat, A., Mujib, A., & Muslihah, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Keterampilan Membaca Intensif Melalui Model Pengembangan Borg Dan Gall. JPPM Jurnal Penelitian dan Pengabadian Masyarakat, 1(1), 159-167.
Magdalena Ina (2021). Tulisan Bersama Tentang Media Pembelajaran SD. Diperoleh dari http://webadmin-ipusnas.perpusnas.go.id/ipusnas/publications/books/186069/
Manurung Asrar Aspia, (2013). Media Pembelajaran. Perdana Publishing. Jl. Sosro No.16A Medan.
Munir, (2013). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta. Bandung
Nurfadhillah S, Rosnaningsih A, (2021). Media Pembelajaran Tingkat SD. Diperoleh dari http://webadmin-ipusnas.perpusnas.go.id/ipusnas/publications/books/186025/
Ramadhani M, Rapita Beta S , (2021). Pengembangan Media Ular Tangga Pada Pembelajran Tematik Kelas IV Materi Indahnya Keragaman Budaya Di Indonesia SD Negeri 101884 Limau Manis. Educatiom Achievement 2 (3) DOI: https://doi.org/10.51178/jsr.v2i1.334
Sari, K. P. (2022). Pengembangan Media Ensiklopedia Model Lift the Flap Berbasis Masalah pada Pembelajaran Tematik Tema Perkembangan Teknologi di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(1), 25-36.
Syafitri Ramadhani S, Sukmawarti (2022). Pengembangan Media Smart Board Pakapin pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Edumaspul 6 (2) DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.5127
Safrida Dasopang, Darwis Umar (2023). Pengembangan Media Pakapindo Berbasis Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keberagaraman Di Negeriku di Kelas IV SD. EduGlobal 2 (3) DOI: https://doi.org/10.32696/eduglobal.v2i3.2065
Setyosari Punaji (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan Diperoleh dari http://webadmin-ipusnas.perpusnas.go.id/ipusnas/publications/books/65226/
Wahyuni, G., Destini, R., & Mujib, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Visual Siswa. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 5(2), 39-52.
Wahyuni, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Tema Kayanya Negeriku Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(4), 333-349.
Yusuf, R., Dewi, F. P., & Mujib, A. (2022). Generalisasi Bilangan Kromatik Pada Beberapa Kelas Graf Korona. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 192-201.
Diterbitkan
2023-10-03