Analisis Penerapan Metode SAS (Struktural Analisis Sintetik) Menggunakan Media Kartu Huruf Pada Tema 5 Pengalamanku Siswa Kelas II

  • Ike Nurjannah Universitas Muslim Nusantara AL-Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode SAS (Struktural Analisis Sintetik) menggunakan media kartu huruf pada tema 5 pengalamanku siswa kelas II di SDN 064961 Medan Maimun. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipan yang dipilih oleh peneliti adalah guru kelas II dan siswa yang berjumlah 15 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru hanya melaksanakan 6 dari 14 fase sesuai sintaks metode SAS. Penerapan metode SAS sudah terlaksana dengan baik, respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan metode SAS dengan kartu huruf dikatakan positif dan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode SAS menggunakan media kartu huruf  sudah mampu diikuti oleh siswa. Penerapan metode SAS tergolong baik dan berhasil jika dilihat dari pemenuhan kriteria keterlaksanaan langkah pembelajaran dan juga partisipasi dan antusias siswa dalam pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Hasibuan, S. (2019). Penggunaan Metode Sas Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sdn 106162 Medan Estate. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 9(2), 184-190.
Hidayat dan S. Khayroiyah. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19. https://jurnalpascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/2/2
Hartati sri (2022) Sturkturaal Analitik Sintetik Metode Bermain dan Belajar https://books.google.co.id/books?id=aB19EAAAQBAJ&pg=PA27&dq=metode+sas.
Mujib, A., & Suparingga, E. (2011). Analisis Penalaran Dalam Ujian Nasional Matematika SMA/MA Program IPA Tahun 2011/2012. Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washiyah, 1.
Nurhayati, Wiwik,dkk. (2019). Penerapan Pembelajaran Tematik Kelas Rendah di MI Miftahul Ulum Gendol Sukorejo Pasuruan. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/166
Puspitasari, R. D. P. R. D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas Iv Sd Swasta Muhmmadiyah Pancur Batu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 199-209.
Putri, N. E., & Mujib, A. (2023). Analisis Tingkat Berpikir Geometri Siswa Sekolah Menengah Pertama Menurut Teori Van Hiele. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2), 163-174.
Sofyan, A. (2023). Analisis Rendahnya Tingkat Kehadiran Siswa Selama PTMT pada Siswa di Kelas V UPT. SDN 064037 Kecamatan Medan Tembung. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 273-283.
Sukmawati, Dkk, (2020). Pembentukan Karakter Berbasis Keteladanan Guru Dan Pembiasaan Murid Sit Al Biruni Jipang Kota Makassar. Vol. 5 No. 1. Pgsd Fkip, Universitas Muhammadiyah Makassar.
Silfiyah, A., Ghufron, S., Ibrahim, M., & Mariati, P. (2021). Pengaruh penerapan metode SAS (struktural analitik sintetik) terhadap kemampuan membaca permulaan siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3142-3149.
Yusuf, R., Dewi, F. P., & Mujib, A. (2022). Generalisasi Bilangan Kromatik Pada Beberapa Kelas Graf Korona. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 192-201.
Diterbitkan
2023-10-03