Pengembangan Model Pembelajaran Bermain Puzzle untuk Pemahaman Konsep Pecahan pada Matematika SD

  • Hafizsah Siregar Universitas Muslim Nusantara AL-Washliyah
  • Sukmawarti Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media puzzle konsep pecahan yang layak digunakan pada proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall. Pada penelitian ini, peneliti melaksanakan prosedur pengembangan Borg and Gall hanya sampai pada tahap revisi desain, karena fokus dari penelitian ini hanya untuk mengembangkan media puzzle konsep pecahan yang layak untuk digunakan pada proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner yang diberikan kepada validator, yaitu validator ahli media, validator ahli materi dan validator ahli pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi dari validator ahli media didapatkan nilai sebesar 74 dan memberikan catatan revisi. Setelah media puzzle konsep pecahan direvisi didapatkan nilai sebesar 84 dari validator ahli media. Dari hasil validasi ahli materi didapatkan nilai sebesar 82 tanpa adanya revisi, dan dari hasil validasi ahli pembelajaran didapatkan nilai sebesar 93 tanpa adanya revisi. Rata-rata nilai yang didapatkan dari keseluruhan penilaian ketiga validator ahli, yaitu 86. Merunut kriteria skor penilaian, maka dapat dikatakan bahwa media puzzle konsep pecahan yang dikembangkan Sangat Valid/Sangat Layak untuk digunakan pada proses pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Fhina Hariyanti, dkk. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Berbantuan Fliobook Maker untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Semarang. Vol. I No. I.
Hidayat dan S. Khayroiyah. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19.
Hidayat, Sukmawarti, Suwanto. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, v. 10, n. 3, e14910312823.
Hutagalung, L. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Benime Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(2), 194-205.
Nanang dan Suhana. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT.Refika Aditama.
Pertiwi, I. C. (2023). Pengembangan Media Monopoli Pada Pembelajaran Tema Benda di Sekitarku Siswa Kelas III SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 163-170.
Rayandha. (2012). Kreatifitas Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. (2022). Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572.
Siagian, S. S., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2014). Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 8-13.
Siska, A., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sekolah Batam (Studi Pada Sdn 005 Sekupang Batam). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 93-106.
Sukmawarti, & Alvariani, N. P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Bebasis Permainan Tradisional Jawa Untuk Pemahaman Konsep Bangun Datar. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA 6(2), 43-51. DOI: https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v6i2.1133
Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536.
Sukmawarti, Hidayat, & Suwanto. (2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18.
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal : 202-207.
Sukmawarti, & dkk. (2022). Implementasi Model Problem Based Leraning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 886-894.
Wahyuni, G., Destini, R., & Mujib, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Visual Siswa. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 5(2), 39-52.
Diterbitkan
2023-10-03