Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Pada Mata Pelajaran Tematik Tema Perkembangan Teknologi di Kelas III Sekolah Dasar

  • Sonia Sinta Universitas Muslim Nusantara Al - Washliyah
  • Hasanah Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Diorama pada pembelajaran tematik tema Pengembangan Teknologi di Kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and development (R&D). Pada penelitian ini, peneliti melaksanakan prosedur pengembangan ADDIE hanya sampai pada tahap 3, yaitu Analisis (Analisys), Desain ( disgn), dan pengembangan (development), karena fokus dari penelitian ini hanya untuk mengembangkan media pembelajaran Diorama pada mata pelajaran tematik tema 7 “Pengembangan Teknologi” pada kelas III Sekolah Dasar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner yang diberikan kepada validator, yaitu validator ahli media, validator ahli materi dan respon guru. Berdasarkan hasil validasi dari validator ahli media didapatkan skor sebesar 90%. Dari hasil validasi ahli materi didapatkan nilai sebesar 86% dan dari hasil respon guru didapatkan nilai sebesar 100%. Rata-rata nilai yang didapatkan dari keseluruhan penilaian ketiga validator ahli, yaitu 91%. Menurut kriteria skor penilaian, maka dapat dikatakan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Diorama pada pembelajaran tematik tema Pengembangan Teknologi di Kelas III Sekolah Dasar yang dikembangkan Sangat layak  untuk digunakan pada proses pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arsyad Azhar, (2019). media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Dady, M. P. (2017). Pengembangan media diorama 3 dimensi dalam pembelajaran IPA materi ekosistem kelas V SDN Kalibanteng Kidul 02 Semarang. (Skripsi). FKIP, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Fikri Hasnul, Madona S.A, (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta:Samudra Biru.

Hidayat dan S. Khayroiyah. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19.

Hidayat, Sukmawarti, Suwanto. 2021. The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, v. 10, n. 3, e14910312823.

Mujib, A., Firmansyah., Lubis, W.A., Siagian, S.S., & Dewi, F.F. (2023). Statistika Penelitian Berbasis Masalah dengan Aplikasi SPSS. Medan: LPPM UMN Al-Washliyah

Mujib, A. (2016). Pengembangan Kemampuan Pembuktian dalam Matematika Diskrit Menggunakan Pengajaran Berbasis DNR. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SNMPM) (pp. 122-138).

Ramli Muhammad, (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjar Masin: IAIN Antasari Press.

Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. 2022. Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572.

Siska, A., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sekolah Batam (Studi Pada Sdn 005 Sekupang Batam). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 93-106.

Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536.

Sukmawarti, Hidayat, & Suwanto. (2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18.

Sukmawati, Hidayat, & Oca Liliani.(2022). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, no. 4 (2022).

Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal : 202-207.

Wahyuni, R. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Berbantuan Aplikasi Canva Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Di Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 222-229.

Yusuf, R. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 158-164.

Diterbitkan
2023-06-18