Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Benda Di Sekitarku Di Kelas III SD Abdi Sukma Kota Medan

  • Nurunnajmi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Umar Darwis Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Puzzle, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah tingkat kemampuan bertanya siswa sudah baik, guru mampu untuk memberikan motivasi bagi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran, banyak siswa yang mempunyai nilai ulangan di atas rata-rata Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah, pencapaian ketuntasan sudah memenuhi 59,09% (13 siswa) dan dan 40,91% (9 siswa) belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Jenis penelitian yang peneliti ambil adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang berorientasi pada penerapan pada suatu kelompok subyek yang diteliti dan mengamati tingkat keberhasilan atau akibat tindakannya untuk kemudian diberikan tindakan lanjutan yang bersifat penyempurnaan tindakan atau penyesuaian dengan kondisi dan situasi sehingga diperoleh hasil yang lebih baik. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat tahapan penelitian: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilakukan secara berkesinambungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning di kelas III SD Abdi Sukma Kota Medan berdasarkan nilai post-test yang dilakukan pada siklus I nilai persentase ketuntasan kelas yang dicapai sebesar 60,87% sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan kelas yang dicapai sebesar 69,57% sehingga dapat dijelaskan bahwa terjadinya peningkatan sebesar 26,09%. Ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amir, M.T. (2013), Inovasi Pendidikan Melalui Poblem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.

Arikunto, S, (2014), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar, (2017) Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Burhanuddin & Esa Wahyuni, (2010), Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Eko, Widoyoko, (2019), Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yokyakarta: Putaka Pelajar.

Huda, Miftahul, (2013), Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahbub Alwathoni, (2017). Konsep “TPACK-P” pada Dunia Pendidikan. (https:// www.kompasiana.com/mahboeb/59cb027a4fc4aa5df6576d 52/konsep-tpack-p-pada-dunia-pendidikan).

Mujib, A. (2019). Kesulitan mahasiswa dalam pembuktian matematis: Problem matematika diskrit. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 51-57.

Mujib, A., Firmansyah., Lubis, W.A., Siagian, S.S., & Dewi, F.F. (2023). Statistika Penelitian Berbasis Masalah dengan Aplikasi SPSS. Medan: LPPM UMN Al-Washliyah

Nurhadi, (2013). Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Putra, R.S, (2013), Desain Belajar Mengajar Keatif Berbasis Sains, Yogyakarta: Diva Press.

Rohman, Arifin, (2011), Penerapan Model Pembelajaran Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Sika Semangat Kebangsaan dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS. Skripsi Penelitian Tindakan Kelas.

Sarah, M. (2022). Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iii Sd Negeri 101932 Perbaungan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(2), 206-219.

Sardiman A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35-46.

Shoimin, Aris, (2013). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-Ruz media.

Siregar, R. N., Suryadi, D., Prabawanto, S., & Mujib, A. (2023). Increasing Students Self-Regulated Learning Through A Realistic Mathematical Education. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1).

Slameto, (2006), Belajar dan Fakor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Pt. Rineka cipta.

Sudjana, (2011), Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad, (2017), Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sukmawarti, Hidayat, Oca, L. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), Hal: 886-894.

Sukmawarti, Hidayat, Putri L.A. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. Pakmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal : 202-207.

Susanto, Ahmad, (2013), Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana.

Trianto. (2011), Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Konsep, Landasan Teori, Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wirantiara, P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Tema Benda-Benda Di Sekitar Kita Di Kelas V SD PAB 20 Bandar Klippa. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 213-221.

Diterbitkan
2023-05-28