Peningkatan Keaktifan Siswa dan Minat Belajar Pada Pembelajaran Tematik Tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku” Menggunakan Strategi Question Student Have Pada Kelas IV SD Negeri 064034 Medan Johor
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dan minat belajar pada saat pembelajaran tematik dengan menggunakan Question Student Have. Dalam penelitian tindakan ini subjek penerima adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru siklus 1 keaktifan siswa skor rata- rata keaktifan siswa adalah 2,3 ( kurang), terdapat 7 siswa yang termasuk dalam kategori sangat kurang aktif, 10 siswa yang termasuk dalam kategori kurang aktif, 11 siswa yang termasuk dalam kategori cukup aktif dan 3 siwa yang termasuk dalam kategori aktif. Pada siklus ke II keaktifan siswa berada pada kategori “ mendekati aktif” yaitu dengan skor rata- rata 4 % dimana sudah terlihat siswa yang semula sangat kurang sekarang sudah meningkat.
Siklus 1 minat belajar siswa hanya 73%. Hal ini disebabkan karena siswa belum paham mengenai penggunaan question student have dan siswa belum melakukan kegiatan pembelajaran question student have. Sedangkan minat belajar siswa pada siklus II dengan rata- rata persentase mencapai 93,92%. Oleh karena itu minat belajar siswa pada mata pelajaran tematik seseuai dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 80 % bahkan dapat dikatakan lebih dari 80% dan dikategorikan sangat kuat pada akhir siklus.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ahmad. (2013). Ciri – ciri Minat Belajar Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.
Ahmad. (2016). Keaktifan Belajar. Jakarta : Pranada Media Group.
Basri. (2007). Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Dewi, I. S. (2020). Peningkatan Keterampilan Siswa Dalam Menulis Melalui Gambar Animasi Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Marwa Kecamatan Medan Denai Sumatera Utara. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT), 2(1), 71-76.
Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Sinar Grafika.
Kemendikbud , 2013 Pembelajaran Tematik : Jakarta
Hidayat., Sukmawarti., Suwanto. (2021). The Application of Augmented Really in Elementary School Education. Research, Society and Deveopment. 10(3), 1-6.
Marini, K., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Monopoli Tematik Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsa Di SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 159-167.
Nopea., Fardona. (2021). “Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Tematik Subtema daerah tempat tinggalku Sekolah Dasar Negeri 66 Kota Bengkulu ” Skripsi.
Siregar, R. N., Prabawanto, S., Suparni, S., & Mujib, A. (2022). Faktor Teman Sebaya Dalam Mempengaruhi Minat Mahasiswa Memilih Jurusan Pendidikan Matematika Di IAIN Padangsidimpuan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 95-104.
Sukmawarti & Hidayat. (2020). Cultural-Based Alternative Assesment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 536, 288-292.