PENDAMPINGAN PENINGKATAN PEMASARAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL PADA USAHA KHAS MINANGKABAU BATIK TANAH LIEK DI WORHSHOP BATIK TANAH LIEK AYESHA PENINGKATAN PEMASARAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL
Isi Artikel Utama
Abstrak
Program kemitraan masyarakat pada rumah kain dan batik Ayesha Collection telah dilakukan. Kegiatan pengabdian ini difokuskan pada aspek pemasaran batik. Hasil kegiatan pelatihan pemasaran dengan media sosial menunjukkan sebelum pengabdian dilakukan, sebanyak 71,43 % dengan tingkat pengetahun rendah. Setelah dilakukan pelatihan pemasaran menggunakan media sosial, keberhasilan proses pelatihan terlihat dengan hasil post test responden dengan kategori pengetahuan berkurang menajdi 14,29%. Setelah implementasi strategi pemasaran yang dipelajari, terjadi peningkatan signifikan dalam jumlah pengikut dan interaksi pada akun media sosial Batik Tanah Liek Ayesha Collection sebesar 50%. Salah satu indikator keberhasilan dari program pengabdian ini adalah peningkatan penjualan produk batik tanah liek melalui media sosial.Setelah pelaksanaan strategi pemasaran baru, penjualan melalui Instagram dan Facebook mencapai 20% dari total penjualan dalam satu bulan. Diharapkan optimalisasi pemasaran dengan media sosial ini bsia terus bisa ditingkatkan dan berdampak positif pada suaha batik tanah liek.