PENDAMPINGAN PENINGKATAN PEMASARAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL PADA USAHA KHAS MINANGKABAU BATIK TANAH LIEK DI WORHSHOP BATIK TANAH LIEK AYESHA PENINGKATAN PEMASARAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL

Isi Artikel Utama

Gusliani Eka Putri
Inge Angelia
Oktariyani Dasril
Annisa Novita Sary
Audrey Faiza Rosa
Finy Marsyah
Zahara Enjli Preona Sari
Nurafika Tulhasana

Abstrak

Program kemitraan masyarakat pada rumah kain dan batik Ayesha Collection telah dilakukan. Kegiatan pengabdian ini  difokuskan pada aspek pemasaran batik. Hasil kegiatan pelatihan pemasaran dengan media sosial menunjukkan sebelum pengabdian dilakukan, sebanyak 71,43 % dengan tingkat pengetahun rendah. Setelah dilakukan pelatihan pemasaran menggunakan media sosial, keberhasilan proses pelatihan terlihat dengan hasil post test responden dengan kategori pengetahuan berkurang menajdi 14,29%. Setelah implementasi strategi pemasaran yang dipelajari, terjadi peningkatan signifikan dalam jumlah pengikut dan interaksi pada akun media sosial Batik Tanah Liek Ayesha Collection sebesar 50%. Salah satu indikator keberhasilan dari program pengabdian ini adalah peningkatan penjualan produk batik tanah liek melalui media sosial.Setelah pelaksanaan strategi pemasaran baru, penjualan melalui Instagram dan Facebook mencapai 20% dari total penjualan dalam satu bulan. Diharapkan optimalisasi pemasaran dengan media  sosial ini bsia terus bisa ditingkatkan dan berdampak positif pada suaha batik tanah liek.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

##submission.howToCite##
Bagian
Articles