PERKEMBANGAN BISNIS PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

Isi Artikel Utama

Herlina Hanum Harahap
Cita Ainy Putri Silalahi
Suaidah
Friska Haliza Siregar

Abstrak

Bank sebagai lembaga perantara jasa keuangan (financial intermediary), yang tugas pokoknya adalah menghimpun dana dari masyarakat. Perkembangan pasar keuangan syariah di Indonesia selama beberapa tahun terakhir cukup pesat, walaupun pasar keuangan syariah merupakan elemen baru di Indonesia. Perkembangan yang cukup pesat dalam pasar keuangan syariah yang berdampak besar terhadap ekonomi masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanal perkembangan lbisnis lperbankan lsyariah di Indonesia, metode yang digunakan adalah metode kajian kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian adalah Perkembangan bisnis perbankan syariah di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, terutama sejak diterapkannya UU No. 21 tahun 2008 yang menjadi landasan hukum bagi industri ini. Dengan berbagai inovasi produk dan layanan, serta penggabungan bank syariah BUMN menjadi Bank Syariah Indonesia, sektor ini semakin mengukuhkan posisinya sebagai alternatif yang menarik dan kompetitif dalam sistem perbankan nasional.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles